Home Berita Internasional Kamp Pengungsi Rohingya Bersiap Hadapi Datangnya Corona

Kamp Pengungsi Rohingya Bersiap Hadapi Datangnya Corona

108
0
SHARE
Anak-anak Rohingya di kamp pengungsi Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto:Reuters)

Wasathiyyah.com, Dhaka – Ada satu juta orang lebih di kamp-kamp pengungsian Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh. Mereka melarikan diri dari Myanmar setelah militer negara itu melakukan kekerasan brutal terhadap mereka pada Agustus 2017.

Otoritas kesehatan Bangladesh kini tengah bersiap-siap menghadapi kemungkinan datangnya virus Corona di kamp-kamp pengungsian ini.

Kondisi pengungsian yang padat dan sempit, kualitas air yang buruk, dan akses layanan kesehatan yang tidak merata membuat para pengungsi sangat rentan terkena penyakit.

“Rencana kesiapsiagaan dan respons multi-sektor sedang dikembangkan dalam koordinasi dengan kementerian kesehatan pemerintah Bangladesh,” Louise Donovan, juru bicara UNHCR, mengatakan kepada Arab News.

UNHCR memberi peringatan kepada otoritas setempat untuk mempersiapkan langkah-langkah penanganan khusus terhadap para pengungsi yang sesuai dengan standar WHO.

Ratusan petugas kesehatan di area kamp ini menerima pelatihan untuk meningkatkan deteksi dan pencegahan wabah penyakit. Lingkungan isolasi juga telah diatur.

“Sebanyak 280 petugas kesehatan telah dilatih untuk pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas kesehatan, dengan penekanan khusus pada pencegahan dan pengendalian COVID-19. Sektor kesehatan saat ini membangun fasilitas isolasi yang ditunjuk, deteksi dini dan mekanisme pelacakan kontak,” ungkap Catalin Bercaru, juru bicara WHO Bangladesh, kepada Arab News.

Otoritas kesehatan di Cox’s Bazar sudah mulai meningkatkan kesadaran di antara anggota komunitas Rohingya tentang tindakan kebersihan pribadi dan makanan untuk menghindari infeksi, tambahnya.

Barcaru menerangkan bahwa WHO telah menyediakan peralatan perlindungan pribadi dasar ke rumah sakit distrik. WHO juga telah mendistribusikan termometer non-kontak ke bandara Cox’s Bazar karena pejabat kesehatan telah mulai memeriksa semua penumpang. (WST/RS/arabnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.