Home Tokoh Alumni Rektor UIN Jakarta Terima Dua Penghargaan MURI

Rektor UIN Jakarta Terima Dua Penghargaan MURI

161
0
SHARE
Rektor UIN Jakarta Amany Lubis (kanan) saat menerima penghargaan dari MURI, Jumat (20/12/2019)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis menerima penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Rektor Perempuan Pertama UIN di Indonesia sekaligus Penceramah Perempuan Pertama di Hadapan Raja Maroko. Penghargaan diberikan langsung oleh Pendiri MURI, Jaya Suprana.

Pemberian penghargaan berlangsung dalam acara Seminar Nasional Perempuan dan Pendidikan bertajuk ‘Dengan Semangat Hari Ibu Kita Tingkatkan Prestasi Perempuan’ di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Jumat (20/12/2019). Dalam seminar ini juga dilakukan Peluncuran dan Bedah Buku ‘Autobiografi Amany

“Alhamdulillah saya bersyukur dan berterimakasih atas penghargaan ini. Momen Hari Ibu memiliki makna tersendiri bagi saya karena bertepatan dengan hari ulang tahun saya (22 Desember 1963). Pada momentum ini saya juga bersyukur karena telah menyelesaikan buku autobiografi yang sebelumnya terbengkalai selama tiga tahun,” kata Amany.

Baca juga: Mengenal Amany Lubis, Rektor Perempuan Pertama UIN Jakarta

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi jaya seperti sekarang tidak terlepas dari perhatian besar kalangan perempuan. Ia menilai, semua perempuan mempunyai peran penting untuk membangun bangsa untuk lebih maju.

“Kita membangun negeri ini dengan ikhlas, dengan lapang dada. Capaian ini tentu karena banyak pihak. Saya berhutang budi pada ibu saya, kepada almamater UIN, 28 ormas yang saya ikuti. Terimakasih rekan-rekan, para guru, keluarga dan teman-teman. Semoga Allah akan membalas,” ucapnya.

Sementara itu, Jaya Suparna menyampaikan selamat kepada Amany Lubis atas segala capaian yang telah diraih. Ia menilai, terpilihnya Amany sebagai Rektor UIN menjadi penegasan bahwa di Indonesia tidak ada diskriminasi gender terhadap perempuan.

“Indonesia layak menjadi teladan bagi seluruh dunia terkait gender. Bahwa perempuan Indonesia bisa berkarya di mana saja. Dan saya merasa sekarang memberi anugerah untuk mendapat kehormatan. Saya kira ini bukan lagi rekor di tingkat Indonesia, tapi rekor dunia yang membanggakan. Selamat, Prof Amany,” tutur Jaya Suprana.

Turut hadir dalam acara ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Menteri Agama RI 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid, dan para Guru Besar UIN Jakarta seperti Prof. Nabilah Lubis dan Prof. Azyumardi Azra. (WST/YN/gomuslim.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.