Home Lembaga Pendidikan Kadisdik dan Kasi Pendidikan Kamenag Garut, Bangga dengan AMBS Garut

Kadisdik dan Kasi Pendidikan Kamenag Garut, Bangga dengan AMBS Garut

53
0
SHARE

*Wasathiyyah.com, Garut– Yayasan Al Masduqiyyah Garut menggelar acara Silaturahim dan Buka Puasa Bersama. Acara pada hari Kamis (29/08/2021) di masjid Al-Mashduqi Boarding School itu, selain dihadiri oleh Keluarga Besar Al-Masduqiyyah—semua unit dan jenjang pendidikan, juga datang Kepala Dinas Pendidikan Garut Totong, S.Pd., M.Si. dan Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Garut H. Indra Karmawan, S.Ag., M.M.Pd.

Pada acara yang dimulai bakda Asar pukul 16.30 itu, Kepala Dinas Pendidikan Garut Totong, S.Pd., M.Si., mengungkapkan rasa syukurnya atas perkembangan Al-Mashduqi Boarding School. Menurutnya, meskipun transformasi yang digulirkan oleh Yayasan Al Masduqiyyah Garut di AMBS Garut umurnya terbilang masih balita, namun perkembangannya cukup pesat, baik dari segi peminatnya maupun bangunan fisiknya.

“Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Garut ikut bangga atas pencapaian yang didapat oleh Al Mashduqi Boarding School Garut sampai saat ini, saya perhatikan dalam waktu 3 tahun lebih perkembangannya sangat signifikan, ini ditandai dengan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap AMBS Garut dan unit lainnya,” ungkap Totong di hadapan keluarga besar Al-Masduqiyyah.

Sejatinya, yayasan yang didirikan oleh Bupati Garut ke-22 periode 1999-2004 almarhum Drs. H. Dede Satibi sudah berumur 20 tahun. Hanya saja waktu itu, fokus pada Madrasah Diniyah, TK, Sekolah Luar Biasa (SLB) dan baru mendirikan SMPIT Al-Mashduqi tahun 2007.

Sepuluh tahun kemudian, tahun 2017, melakukan pembenahan dan re-branding dengan nama Al-Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut. Tidak hanya berubah nama, melainkan juga melakukan pembenahan di bidang kurikulum, strategi pembelajaran, tenaga pendidik, ruang kelas, dan yang lainnya.

 Totong menganalisa bahwa kunci AMBS Garut merebut hati masyarakat, sebab sekolah yang berada di Jalan KH. Mashduqi No. 67, Kampung Pasawahan, RT.2/RW.2, Pananjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat itu, memiliki program-program unggulan, terutama program Tahfiz dan bahasa Asing.

“Dengan program-program unggulan yang dimilikinya, AMBS Garut mampu merebut hati orang tua untuk berlomba-lomba mendaftarkan anaknya ke AMBS Garut dan unit lainnya yang diselenggarakan oleh Yayasan Al Masduqiyyah Garut, bahkan saya dengar diawal tahun 2021 ini sudah tidak menerima pendaftaran santri murid baru untuk tahun ajaran 2021-2022, akan tetapi mulai melangkah pada pendaftaran inden untuk tahun ajaran 2022-2023,” tambah Totong.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Garut H. Indra Karmawan, S.Ag., M.M.Pd. Beliau merasa bangga, sebab AMBS Garut merupakan satu-satunya Madrasah Aliyah di kabupaten Garut yang berafiliasi ke Al-Azhar Cairo.

“Saya selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Garut, merasa bangga dengan adanya AMBS Garut, ini Madrasah Aliyah Unggulan kebanggaan Kementerian Agama Kantor Kabupaten Garut, karena hanya satu-satunya Madrasah Aliyah di Kabupaten Garut yang menerapkan kurikulum Al Azhar Cairo Mesir dan terhubung langsung ke Al-Azhar Mesir,” kata Indra Karmawan dalam sambutannya.

Dua tahun lalu, tepatnya 19 Desember 2019, penandatangan MoU antara representatif Al-Azhar Asy Syarif Cairo Mesir di Indonesia Dr. H.M. Syairozi Dimyathi, M.Ed dengan Ketua Umum Yayasan Al-Mashduqiyyah Garut, H. Arif Bakhtiar, S.Th.I., bahwa AMBS Garut resmi menjadi sekolah Islam cabang Al-Azhar Cairo dan tergabung dalam Jaringan Ma’had Azhari Indonesia (Jama’i).*

Acara Silaturahim dan Buka Puasa Bersama ini semakin bermakna ketika tokoh alumni Al-Azhar KH. Zainurrofieq, M.Hum hadir dan memberikan taushiyah tentang pentingnya amal jama’i. Memang salah satu program AMBS Garut, mendatangkan para tokoh alumni Al-Azhar Mesir. Diantaranya yang pernah hadir, Dr. Muchlis M Hanafi (Ketua Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dan Sekjen OIAA cabang Indonesia), Dr. Abas Mansur Tamam (tokoh pendidikan dan dosen Universitas Ibnu Khaldun.

“Keunggulan bermula dari kerja tim. Islam mengajarkan sholat berjamaah mendapatkan pahala dua puluh tujuh kali lipat dibandingkan sholat sendirian, ini bukan sekedar berbicara tentang pahala, tetapi harus menjadi spirit bagi kita dalam kehidupan, bahwa kerja tim akan menghasilkan prestasi, keunggulan dan kesuksesan,” ujar Zainurrofieq dari Ponpes Cintawana Tasikmalaya. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.