Home Lembaga Pendidikan Kerja Sama PUSIBA

Kerja Sama PUSIBA

151
0
SHARE
Peresmian PUSIBA beberapa waktu lalu

Oleh : Muhammad Arifin (Direktur PUSIBA)

Sebagai satu-satunya lembaga bahasa Arab cabang Universitas Al-Azhar, Kairo, yang menyelenggarakan kelas bahasa Arab bagi calon mahasiswa asal Indonesia, Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) telah mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pada angkatan 1 lalu (26 Juli–23 November 2019) yang menyelenggarakan pendidikan level Mutawassith Awwal (level 3) sampai Mutamayyiz (level 7), sebanyak 30 orang dari total 240 peserta PUSIBA adalah santri penerima beasiswa Kementerian Agama RI melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Mulai dari seleksi kemampuan bahasa Arab (tahdid mustawa) calon penerima beasiswa PBSB tersebut, pelaksanaan kegiatan belajar bahasa Arab dengan kurikulum khusus dari Al-Azhar, sampai pengurusan pemberkasan, seluruhnya ditangani oleh PUSIBA.

Dalam waktu dekat, PUSIBA akan menandatangani perjanjian kerja sama serupa dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sejumlah lembaga pendidikan juga telah berkunjung ke PUSIBA dan menjajaki kemungkinan kerja sama, bahkan ada yang sudah langsung menandatangani perjanjian kerja sama seperti Tazkia International Islamic Boarding School (Tazkia IIBS) di Malang.

PUSIBA dibentuk oleh Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia dan diresmikan bersama oleh Deputy Grand Shaikh Al-Azhar Dr. Saleh Abbas dan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada 29 Juli 2019.

PUSIBA menyelenggarakan tujuh level kelas kemahiran bahasa Arab yang menjadi syarat masuk berbagai fakultas bagi mahasiswa asing di Universitas Al-Azhar. Dengan mengikuti dan lulus kelas bahasa di PUSIBA, calon mahasiswa akan menerima tanda kelulusan (biasa disebut “ifâdah”) dari Markaz Asy-Syaikh Zayid (biasa disebut “Markaz Lughah”) di Kairo.

Hari-hari ini, hampir seluruh peserta Angkatan 1 PUSIBA telah tiba di Kairo. Ada yang sudah mendapat kartu mahasiswa dan aktif kuliah dan ada yang masih menyelesaikan satu-dua urusan (ijra’at), tergantung kebijakan di masing-masing fakultas.

PUSIBA: Jalan Menuju Al-Azhar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.