Home Lembaga Pendidikan Digelar Hari Ini, 219 Orang Ikuti Tes Tahdid Mustawa Angkatan Kedua

Digelar Hari Ini, 219 Orang Ikuti Tes Tahdid Mustawa Angkatan Kedua

503
0
SHARE
Tes tahdid mustawa angkatan kedua yang digelar Pusiba di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (20/10/2019)

Wasathiyyah.com, Bekasi — Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) menggelar tes tahdid mustawa (placement test) angkatan kedua bagi calon mahasiswa Al-Azhar, Mesir. Tes berlangsung hari ini, Minggu (20/10/2019), di Kampus 2 Universitas Islam Asy-Syafi’iyah, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00.

Direktur PUSIBA Muhammad Arifin mengatakan, dalam satu tahun, Pusiba menyelenggarakan dua kali tahdid mustawa yaitu bulan Mei dan bulan Oktober.

“Khusus angkatan pertama, yang sekarang sedang mengikuti perkuliahan, tahdid mustawa diadakan pada bulan Juli 2019. Masa belajar berlangsung sejak 29 Juli dan akan berakhir pada 22 November 2019. Saat ini semua peserta angkatan pertama yang berjumlah 240 orang sudah berada di level 6 (mutaqaddim tsani) dan akan segera memasuki level terakhir (mutamayyiz) dua pekan ke depan,” katanya dalam keterangan tertulis kepada wasathiyyah.com, Minggu (20/10/2019).

Tahdid mustawa angkatan kedua kali ini, ujar dia, diikuti 219 orang terdiri atas 145 peserta laki-laki dan 74 orang peserta perempuan. Mereka berasal dari hampir seluruh provinsi di Indonesia kecuali Nusa Tenggara Timur, Bali, Maluku, dan Papua. Sementara untuk peserta tahdid mustawa angkatan pertama berjumlah 519 orang putra putri.

“Jumlah peserta tahdid mustawa angkatan kedua lebih sedikit jika dibandingkan dengan angkatan pertama, mengingat bahwa waktu pelaksanaannya masih dalam masa belajar aktif sekolah maupun pesantren,” ungkapnya.

“Peserta angkatan kedua hasil tahdid mustawa angkatan Oktober akan mulai belajar pada Desember 2019 (untuk mereka yang diterima di level 1 atau mubtadi’ awwal) dan bulan Februari 2020 (untuk mereka yang diterima di level 3 atau mutawassith awwal dan mutawassith tsani). Sedangkan mereka yang lulus diterima di level 5 atau mutaqaddim awwal akan mulai belajar pada April 2020,” pungkas Bendahara OIAA cabang Indonesia ini.

Diketahui, PUSIBA atau dikenal dalam bahasa Arab dengan nama Markaz Al-Azhar li Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghayr an-Nathiqin Biha merupakan cabang resmi Pusat Bahasa Al-Azhar di Kairo, berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani Wakil Ketua World Organization for Al-Azhar Graduates (WOAG) di Kairo Abdel Fadhil El-Qushi dan Ketua OIAA Indonesia M Zainul Majdi atau TGB, pada 26 Desember 2018.

Pembukaan dan peresmian Pusiba dilakukan secara resmi Deputy Grand Sheikh Al-Azhar Saleh Abbas bersama Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada 29 Juli 2019. Pusiba merupakan cabang pertama (dan baru satu-satunya saat ini) di luar Mesir.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.