Home Lembaga Pendidikan PUSIBA Umumkan Hasil Tahdid Mustawa Calon Mahasiswa Al-Azhar Kairo

PUSIBA Umumkan Hasil Tahdid Mustawa Calon Mahasiswa Al-Azhar Kairo

1609
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Jakarta–Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia hari ini (Jum’at, 19/7) mengumumkan hasil tahdid mustawa (placement test) calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo Tahun Akademik 2019-2020.

Berdasarkan penilaian tim penguji dari Pusat Bahasa Universitas Al-Azhar Kairo terhadap 519 peserta tahdid mustawa pada minggu lalu (Sabtu, 13/07/2019) di Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Jatiwaringin Pondok Gede Bekasi, maka kantor pusat di Kairo mengesahkan nama-nama dan level-level peserta.

Dalam Surat Pengumuman Nomor 571/PTM/VII/2019 itu disebutkan bahwa jumlah pendaftar sebanyak 539 orang, sedangkan yang mengikuti ujian sebanyak 519 orang dan tidak hadir ada 20 orang.

Adapun hasil tahdid mustawa sebagai berikut: level Mubtadi Awwal 45 putra dan 14 putri; Mubtadi Tsani 86 putra dan 46 putri; Mutawassith Awwal 162 putra dan 96 putri; Mutawassith Tsani 38 putra dan 27 putri; dan Mutaqaddim Awwal ada 3 putra dan 2 putri.

Direktur PUSIBA, Dr. Muchlis M Hanafi, MA., mengatakan bahwa peserta yang memperoleh level Mutawassith Awwal, Mutawassith Tsani, dan Mutaqaddim Awwal akan menyelesaikan semua level secara intensif hingga akhir (Mutamayyiz) dan bisa mengikuti perkuliahan di Universitas Al-Azhar di tahun berjalan.

“Insya Allah peserta level Mutawassith Awwal sampai Mutaqaddim awwal akan menyelesaikan semua level, Mutaqaddim Tsani dan Mutamayyiz, dan bisa langsung kuliah tahun ajaran baru ini,” kata Muchlis kepada Kru Portal Wasathiyyah.

Beliau juga menjelaskan penyelesaian semua level atau kegiatan belajar di PUSIBA tesebut, akan dimulai pada tanggal 26 Juli 2019 hingga awal Desember 2019 di Jakarta. Oleh sebab itu, beliau menghimbau para peserta untuk segera mendaftar ulang pada tanggal 18-25 Juli 2019 dengan persyaratan yang termuat di www.pusiba.com.

Dalam kesempatan yang sama, Kru Portal Wasathiyyah menghubungi Wakil Direktur Bidang Akademik PUSIBA, Muhammad Arifin, Lc. MA. Beliau mengungkapkan rasa syukur, sebab hasil tes tahdid mustawa memuaskan dan target peserta tes masuk di level ketiga ke atas tercapai.

“Saya sangat bersyukur bahwa hasil tes tahdid mustawâ perdana ini cukup menggembirakan. Harapan kita bahwa peserta yang masuk di level tiga (mutawassith awwal) ke atas di angka 300-an orang, itu tercapai. Ini saya kira menunjukkan persiapan Camaba yang lebih baik dari sebelumnya,” jawab Arifin saat dihubungi Kru Portal Wasathiyyah.

Lebih lanjut, Arifin mengungkapkan salah satu kendala yang dihadapi peserta tahdid mustawa adalah belum terbiasa mendengarkan bahasa dari penutur/pengguna asli suatu bahasa (native speaker).

“Peserta tampak belum terbiasa mendengar orang Arab berbahasa Arab. Yang sering mereka dengar, kan, orang Indonesia berbahasa Arab. Nah, ketika penguji mengajukan pertanyaan, beberapa peserta tidak langsung merespons. Jadi, perlu pembiasaan istimâ’,” kata pengurus PUSIBA sekaligus OIAA Cabang Indonesia itu.

Sebagai lembaga baru berdiri dan akan diresmikan oleh Deputi Grand Sheikh Al-Azhar dan dan Rektor Universitas Al-Azhar Kairo pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019, PUSIBA sudah terbilang sukses, sebab masa publikasi relatif singkat, namun peserta tahdid mustawa mencapai 519 orang. Arifin berharap untuk tahun-tahun mendatang, peserta tahdid mustawa dan ikut PUSIBA lebih banyak lagi, sehingga penguatan bahasa Arab, wawasan keislaman dan komitmen kebangsaan calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir semakin meningkat.

“Saya berharap tahun depan PUSIBA bisa menerima peserta lebih banyak di semua level, sehingga mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan jauh lebih baik berkat modal bahasa, wawasan keislaman yang memadai, dan komitmen kebangsaan,” pungkas Arifin. (WST/YNF)

Klik link pengumuman tahdid mustawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.