Home Lembaga Pendidikan Camaba Al-Azhar Mesir Ikuti Ujian Kenaikan Level di PUSIBA

Camaba Al-Azhar Mesir Ikuti Ujian Kenaikan Level di PUSIBA

487
0
SHARE
Pengajar asal Mesir tengah mengawasi proses ujian kenaikan level para peserta Camaba Universitas Al-Azhar di PUSIBA, Bekasi, Jumat (16/8/2019)

Wasathiyyah.com, Bekasi — Calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Al-Azhar Kairo mengikuti ujian kenaikan level di Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA), Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Ujian yang digelar pada Jumat (16/8/2019) dan diikuti 192 orang putra dan putri ini akan menentukan kenaikan level peserta, dari Mutawassith Awwal (level 3) ke Mutawassith Tsani (level 4) dan dari Mutawassith Tsani ke Mutaqaddim Awwal (level 5).

“Saya optimistis, dan tentu saja sambil berdoa, seluruh peserta bisa lulus ke level berikutnya. Sistem asrama yang memungkinkan mahasiswa untuk selalu mengikuti kelas tanpa harus bersusah payah mengalami macet di jalan itu cukup menghemat waktu dan mendukung kelancaran perkuliahan,” kata Direktur PUSIBA Muhammad Arifin kepada tim wasathiyyah.com, Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, ujian kenaikan level ini diawasi langsung guru-guru asal Mesir dan soal-soalnya pun langsung dari Markaz Lughoh Kairo.

“Jumlah peserta 192 orang yang terbagi menjadi 6 kelas,” terangnya.

Baca juga: Menag: Ke Depan, Persiapan Calon Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Dilakukan Melalui Satu Pintu, Yaitu di PUSIBA

Diketahui, PUSIBA merupakan lembaga khusus persiapan bahasa Arab untuk calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi ke Universitas Al-Azhar di Kairo dan kota lain di Mesir.

Lembaga tersebut dibentuk oleh Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama antara OIAA-Indonesia dengan Munadzomah al-‘Alamiyyah li Khirriji Al-Azhar (OIAA Pusat) di Kairo, 26 Desember 2018. Melalui kerja sama itu, PUSIBA merupakan cabang resmi dari Markaz Lughah (Pusat Bahasa) Al-Azhar Kairo di Indonesia.

Baca juga: Karangan Bunga Ucapan Selamat dari Para Pejabat Warnai Peresmian PUSIBA

PUSIBA sendiri telah diresmikan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Deputy Grand Shaikh Al-Azhar Shaikh Saleh Abbas pada Senin, 29 Juli 2019 lalu. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.