Home Lembaga Pendidikan Rektor Al-Azhar Tinjau Pelaksanaan Tes Tahdid Mustawa PUSIBA

Rektor Al-Azhar Tinjau Pelaksanaan Tes Tahdid Mustawa PUSIBA

66
0
SHARE
Rektor Universitas Al-Azhar Prof. Dr. Mohamed Husain Mahrassawy (ketiga, kiri) didampingi Wakil Rektor Prof. Dr. Abu Zaid al-Amir didampingi Pengurus Pusat OIAA di Kairo meninjau pelaksanaan tes tahdid mustawa secara daring, Selasa (10/11/2020)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar Indonesia (OIAAI) kembali menggelar tahdid mustawa angkatan ke-4. Tes tersebut disaksikan langsung secara daring (dalam jaringan) oleh Rektor Universitas Al-Azhar Prof. Dr. Mohamed Husain Mahrasawi.

Direktur PUSIBA, Muhammad Arifin mengatakan, tes tahdid mustawa dilakukan pada 9-10 November 2020 dan diikuti 766 calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo asal Indonesia putra dan putri.

“Mengikuti tes tulis dan lisan untuk menentukan level kemahiran bahasa Arab mereka,” kata dia, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19, tes berlangsung online dengan kendali dari Kairo. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) pun direncanakan akan berlangsung secara daring pula.

“Tidak hanya Rektor Al-Azhar, Wakil Rektor Prof. Dr. Abu Zaid al-Amir didampingi Pengurus Pusat OIAA di Kairo juga turut meninjau langsung pelaksanaan tes lisan dari ruang IT OIAA di Kairo, Selasa 10 November,” bebernya.

PUSIBA OIAA merupakan lembaga yang saat ini melaksanakan kelas bahasa Arab bagi calon mahasiswa Universitas Al-Azhar asal Indonesia.

Sementara itu Dr. Mahrasawi seperti dilaporkan Dikutip dari laman resmi alumni Al-Azhar Mesir menyampaikan ucapan selamat kepada para calon mahasiswa Universitas Al-Azhar yang akan menempuh pendidikannya di Mesir.

“Saya meminta agar para calon mahasiswa menjadi model untuk menyebarkan kurikulum Al-Azhar di negaranya setelah lulus dan menjadi duta terbaik bagi Al-Azhar,” kata Mahrasawi.

Dr. Mahrasawi menekankan bahwa persiapan dan ujian ini merupakan upaya OIAA dan Pusat Bahasa Syekh Zayed Center dalam menyebarkan bahasa Al-Qur’an dan untuk kepentingan masa depan calon mahasiswa asing Al-Azhar.

“Untuk memecahkan hambatan bahasa yang mereka miliki, dan untuk memfasilitasi studi mereka di Universitas Al-Azhar,” terangnya. (WST/YN/azhargraduates.org)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.