Home Kegiatan Alumni Pusat Studi Alquran Launching Laman Cariustadz.id

Pusat Studi Alquran Launching Laman Cariustadz.id

737
0
SHARE
Prof. Dr. M. Quraish Shihab dalam acara launching platform cariustadz.id di Tangerang Selatan, Kamis (25/4/2019)

Wasathiyyah.com, Tangerang Selatan — Pusat Studi Alquran (PSQ) merilis laman cariustadz.id di Aula Masjid Bayt Alquran Kompleks Pondok Pesantren Bayt Al Qur’an Jalan Raya Southcity Selatan Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (25/4/2019).

Hadir dalam acara itu, pendiri PSQ Prof. Dr. Quraish Shihab, anggota Dewan Pakar PSQ Muchlis Hanafi, serta 250 ustadz dan ustadzah yang tergabung dalam platform tersebut.

Prof. Quraish dalam sambutannya membeberkan latar belakang dan ide pertama pembuatan platform carustadz.id.

“Ide ini bermula dari kenyataan, yang mudahnya, kami Dewan Pakar PSQ seringkali dimintai untuk memberikan ceramah tetapi sibuk. Lantas timbul ide, bagaimana kalau kita punya suatu wadah yang bisa ikut serta dalam menyebarkan dakwah dan ajaran apa yang dikandung Al Quran,” kata mantan Menteri Agama RI itu yang dikutip dari laman jatman.or.id.

Alasan sulitnya, penulis tafsir Al-Misbah ini menyebutkan, kenyataan menunjukkan tidak jarang apa yang kita namakan dakwah itu bukan dakwah. “Saya selalu berkata dalam konteks dakwah, suksesnya dakwah itu tidak diukur oleh tepuk tangan, gelak tawa, ataupun oleh ratap tangis,” terang Mantan Rektor IAIN Jakarta selama dua periode tersebut.

“cariustadz.id ialah sebuah platform yang menghubungkan ummat dengan ustadz yang ramah dan kompeten di seluruh Indonesia, untuk Islam yang rahmah dan kebaikan bagi semua,” ungkap penanggung jawab cariustadz.id Ali Nurdin.

Sedangkan Muchlis Hanafi mengatakan, PSQ sejak didirikan pada September 2004 berkomitmen menyebarkanluaskan dakwah Islam yang bercirikan washatiyah.

“Washatiyah yang dimaksud adalah sebuah metode dalam beragama yang menghadirkan pemahaman keagamaan yang sejalan dengan perkembangan masyarakat tetapi pada saat yang sama tidak keluar dari nilai Al Quran dan Sunnah,” ucap Doktor lulusan Al Azhar sekaligus Pimpinan Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an Kementerian Agama RI.

Sementara Sekretaris Lajnah Hubungan Luar Negeri JATMAN Idarah Aliyah Ali Hasan Al Bahr dalam sambutannya menuturkan, bahwa gairah keagamaan di Indonesia sedang tinggi.

“Mudah mudahan cariustadz bisa menjadi solusi, bukan hanya memenuhi kebutuhan gairah umat Islam Indonesia mendapatkan para pembimbing tentang ajaran Islam tapi juga bisa mendunia”. Dosen UIN Syarif Hidayatullah itu menyebut bahwa Indonesia sedang menjadi sorotan dunia.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan ramah tamah dan dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.