Home Kegiatan Alumni TGB Silaturahim ke Paguyuban Pasundan

TGB Silaturahim ke Paguyuban Pasundan

445
0
SHARE
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi berkunjung ke Paguyuban Pasundan di Bandung, Jumat (25/1/2019)

Wasathiyyah.com, Bandung — Di sela-sela safari sakwahnya, Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menyempatkan diri silaturahim ke Paguyuban Pasundan, Jumat (25/1/2019).

Kedatangan TGB ke organisasi budaya Sunda yang berdiri sejak tanggal 20 Juli 1913 itu, disambut Ketua Paguyuban Pasundan Prof. Dr. Didi Turmudzi, M.Si. dan pengurus dengan hangat di ruang kerjanya.

Di hadapan pengurus Paguyuban Pasundan, TGB mengapresiasi organisasi yang berumur 105 tahun ini.

“Saya yakin, organisasi yang sudah satu abad ini, telah banyak memberikan kontribusi, bukan hanya bagi orang Sunda saja, melainkan juga bagi bangsa, negara dan umat,” ujar mantan Gubernur NTB dua periode itu.

Lebih lanjut, TGB mengatakan bahwa budaya Sunda dan ajaran Islam memiliki hubungan erat. Terutama tentang keramahan atau sopan-santun.

Islam hadir bukan di ruang hampa, katanya, oleh sebab itu Islam tidak menegasikan budaya-budaya sudah ada, malahan sebaliknya Islam memberikan warna terhadap budaya dan kearifan lokal.

“Saya berkesimpulan, budaya Sunda dengan ajaran Islam tidak bisa dipisahkan. Ini bukan saya menyamakan budaya dengan Islam, tapi maksud saya adalah Islam dan budaya bisa memiliki titik temu dalam kehidupan manusia,” kata ulama asal suku Sasak itu. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.