Home Kegiatan Alumni TGB Temui Tokoh Jawa Barat Solihin GP

TGB Temui Tokoh Jawa Barat Solihin GP

514
0
SHARE
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi bertemu tokoh Jawa Barat, Solihin GP di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019)

Wasathiyyah.com, Bandung – Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi bertemu dengan tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara (GP). Pria yang akrab disapa Mang Ihin itu merupakan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1974.

Pertemuan tersebut berlangsung di kediaman Mang Ihin di Jalan Cisitu Indah, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jumat (25/1/2019).

TGB menuturkan, pertemuan yang berlangsung selama 30 menit itu merupakan ajang silaturahmi.

“Saya kebetulan dari Lombok. Tadi bapak sepuh (Solihin GP, red) cerita. Ternyata beliau ini salah satu tokoh yang dulu diperintah oleh pak Harto (Mantan Presiden Soeharto) untuk turun langsung ke Lombok mencari sebab yang paling inti, kenapa berulang-ulang terjadi kekeringan dan kerawanan pangan. Inti yang dilakukan mengembangkan budi daya baru untuk tanaman pangan yang namanya pola gogo rancah, alhamdulillah berhasil,” kata TGB.

Ia mengapresiasi upaya Solihin GP yang hasilnya bisa dinikmati warga Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga sekarang, bahkan hasil beras melebihi dari target alias surplus.

“Kalau kami di NTB sekarang surplus beras satu tahun itu lebih dari 600 ribu ton, di balik surplus itu ada kerja keras putra sunda, bapak sepuh,” beber mantan Gubernur NTB dua periode ini.

TGB menyatakan, selamanya masyarakat NTB merasa mempunyai hubungan kuat dengan warga Jawa Barat.

“Dulu NTB, Bali dan NTT sebelum pisah menjadi provinsi itu termasuk satu wilayah administrasi dinamakan Lesser Sunda atau Sunda Kecil. Saya enggak tahu kenapa dinamakan Sunda Kecil, mungkin ada pertautan lahir atau batin,” tutup tokoh yang saat ini bergabung dengan Partai Golkar itu.

Usai dari kediaman Solihin GP, TGB akan menjadi khotib Jumat di Masjid Raya Bandung (MBR), Jawa Barat.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.