Home Kegiatan Alumni Terinspirasi Quran, SMP QSBS al-Kautsar Cineam Meraih Juara Nasional Riset Ilmiah

Terinspirasi Quran, SMP QSBS al-Kautsar Cineam Meraih Juara Nasional Riset Ilmiah

1522
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Cineam–Sekolah Menengah Tingkat Pertama Quranic Science Boarding School (QSBS) Pondok Pesantren Al-Kautsar 561 Rajadatu Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, meraih Juara II Nasional Lomba Riset Ilmiah Biologi tingkat SLTP dan SLTA di Bandung.

Pesantren di bawah asuhan alumni Universitas al-Azhar Mesir, H. Rifqi Fauzi, Lc., ini, mengikut sertakan salah seorang siswinya bersama 2 orang siswi kelas VIII dari sekolah lain mewakili Kecamatan Cineam, Aisyah Alya Rahma, Maisa Shofwatunnisa dan Lulu Nurwahida Tsuraya. Mereka mengikuti Lomba Kreatifitas Biologi tingkat SMP, MTs, SMA DAN SMK se-Indonesia, yang dilaksanakan di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (17/12/2018).

Materi yang menyabet juara dan menyisihkan puluhan peserta lain dari berbagai daerah itu, adalah peningkatan mutu organoleptik pada whey kefir di penambahan rasa buah. Kesuksesan ini, tidak lepas dari peran SMP QBS Cineam dan orang tua siswa.

SMP yang berbasis tahfizh Quran dan saint ini, selain diasuh oleh para alumni Universitas al-Azhar Mesir, juga diasuh oleh alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Salah satu program unggulannya adalah materi riset, baik itu riset kepustakaan, riset sosial, dan riset alam. Di sekolah ini ada mata pelajaran Project Saint. Siswa dilatih dalam melakukan penelitian, membuat laporan dan presentasi.

“Di SMP QSBS, ada pelajaran projek sains, anak-anak dilatih dalam melakukan penelitian, membuat laporan dan presentasi.” Kata salah seorang Guru Pembimbing SMP QSBS Cineam, Rika Mustika.

Meskipun persiapan untuk mengikuti lomba, hanya 2 minggu, Rika tetap menyemangati dan berikhtiar agar anak didiknya mendapatkan hasil yang terbaik.

“Untuk lomba di ITB ini, kami melakukan penelitiannya dan penulisan karya ilmiah selama 2 minggu. Kami melakukan penelitian di Azet Kefir. Setelah lolos ke Finalis, dengan 5 finalis yang tidak sedrajat, mereka semua tingkat SMA dan SMK , hanya kami yang di tingkat SMP, mamun kami dapat mengalahkan mereka dan puluhan peserta lainnya.” Ungkap Rika.

Apalagi dalam membimbing anak didiknya tidak terlalu sulit, sebab Rika sudah terbiasa dengan Projek Sains dan Program Risos, Risalam, dan juga mata pelajaran Leadership.

Rika berharapan, anak didiknya terbangun cara berpikir ilmiah, rasa penasarannya tinggi terhadap semua keilmuwan, dan tetap menjadikan al-Qur’an sebagai sumber ilmu, sehingga dapat meningkatkan Iman dan Takwa.

Sementara Wawan Widarmanto, salah satu orang tua peserta Maisya Shofwatunnisa, yang sedah lama mengeluti tentang kefir tersebut mengatakan bahwa whey kefir ini menurut teori ilmu gizi, bila anak menkonsumsi kefir, selain untuk kesehtan juga belajar tak pernah ngantuk, lelah dan lesu efek yang dapat dirasakan secara langsung.

Kefir, menurut Wawan, adalah produk susu fermentasi yang mengunakan starter biji kefir (kefir grains). Kata kefir berasal dari “kaafuuraa”, yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya dan lezat rasanya dan kata ini tercantum dalam al-Quran pada surat al-Insan ayat 5 ” إِنَّ الْأَبْرَارَ يَشْرَبُونَ مِن كَأْسٍ كَانَ مِزَاجُهَا كَافُورًا “ yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur.”

Kepala sekolah SMP QSBS Ponpes Al-Kautsar 561 Cineam, Ir. Runjai Wangsa Laksana, mengapresiasi dengan prestasi yang diraih para anak didiknya. Prestasi tingkat nasional itu, menurutnya, menjadi inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah yang beliau pimpin. Beliau juga memaparkan alasan mereka memilih kefir sebagai bahan penelitian.

“Selain terinspirasi dari al-Quran, alasan meneliti kefir, juga karena whey kefir merupakan sisa olahan dari pembuatan kefir, whey kefir memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan karena mengandung beberapa protein fungsional yang dibutuhkan oleh tubuh. Whey kefir memiliki rasa asam yang kuat sehingga kurang diminati oleh masyarakat, untuk itu kami dalam penelitian kami melakukan inovasi dengan menambahkan sari buah manga, lemon untuk meningkatkan mutu organoleptiknya.” Pungkasnya. (WST/YNF/RadioPitalokaFm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.