Home Kegiatan Alumni Diberikan Langsung Grand Syeikh Ahmad Tayeb, TGB Dianugerahi Penghargaan Al-Azhar

Diberikan Langsung Grand Syeikh Ahmad Tayeb, TGB Dianugerahi Penghargaan Al-Azhar

558
0
SHARE
Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb memberikan penghargaan Al-Azhar kepada Ketua OIAA cabang Indonesia M Zainul Majdi alias TGB di Kairo, Mesir, Kamis (17/10/2019)

Wasathiyyah.com, Kairo — Grand Syaikh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb memberikan penghargaan kepada Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia M Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

Pemberian penghargaan itu dilakukan di ruang utama Gedung Grand Syaikh Al-Azhar, Kairo, Kamis (17/10/2019), pukul 14.30 waktu setempat.

Hadir dalam penganugerahan tersebut antara lain Mayjen Osama Yasin, Wakil Sekretaris Jenderal World Organization for Al-Azhar Graduates (WOAG), Direktur Eksekutif WOAAG Wa’il B, dan beberapa tokoh lainnya. Hadir pula staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo antara lain Atase Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Usman Syihab.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan OIAA cabang Indonesia, saat menyerahkan penghargaan kepada TGB, Ahmed El-Tayeb memberikan apresiasi, doa dan dukungannya kepada alumni Al-Azhar di Indonesia, terutama TGB, sambil mengingatkan agar lebih aktif dan agresif lagi dalam menangkal pemikiran ekstrem, terutama melalui media sosial.

Hal yang sama disampaikan Anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar dan mantan Menteri Wakaf Mesir Abdel Fadhil Al-Qushi dalam acara seremoni tersebut.

Di tempat terpisah, atas nama keluarga besar KBRI Kairo Duta Besar RI Helmy Fauzy mengucapkan selamat kepada TGB.

“TGB adalah seorang tokoh yang memperjuangkan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, memperjuangkan moderasi beragama yang senantiasa mengedepankan prinsip hidup rukun dan nilai-nilai kebangsaan. Kita berterima kasih kepada TGB yang mengedepankan nilai-nilai kemajemukan dalam beragama,” kata dia.

Diketahui, di bawah kepemimpinan TGB, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyelenggarakan konferensi internasional tentang wasathiyyatul Islâm (moderasi Islam), kerja sama antara Pemerintah Provinsi NTB dengan OIAA Cabang Indonesia. Atas permintaan Quraish Shihab dan perwakilan alumni yang hadir pada konferensi di Mataram, Lombok, tahun 2017 silam, TGB memimpin OIAA yang saat ini memiliki 22 kantor cabang di seluruh Indonesia.

Saat OIAA dipimpin Quraish Shihab, TGB duduk sebagai wakil ketua. Dalam dakwahnya, TGB bersama OIAA selalu berkomitmen dengan risalah yang diamanatkan oleh Grand Shaikh Al-Azhar agar terus memperkokoh wasathiyyah al-Islâm dan mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan damai.

TGB dinilai sebagai salah seorang tokoh alumni Al-Azhar yang menonjol dalam mengukuhkan nilai-nilai moderasi beragama (wasathiyyah Al-Islam), nilai-nilai kebangsaan (muwâthanah), dan nilai-nilai hidup berdampingan secara rukun dan damai (ta‘âyusy silmiy) di Indonesia.

Pemberian penghargaan Al-Azhar sebagai lembaga keislaman paling berpengaruh di dunia kepada salah seorang anak bangsa Indonesia di bidang moderasi beragama ini menunjukkan bahwa isu moderasi beragama merupakan isu global dan menjadi kepentingan bersama masyarakat dunia.

Al-Azhar telah cukup lama dan secara intensif mengukuhkan nilai-nilai moderasi Islam dan ikut serta secara aktif bersama tokoh agama lainnya dalam menciptakan hidup berdampingan secara damai. Al-Azhar memandang Indonesia sebagai mitra strategis dalam upaya mengukuhkan moderasi beragama dan menangkal fenomena ekstremisme dalam kehidupan beragama di tengah masyarakat Muslim.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.