Home Kegiatan Alumni OIAA Terbitkan Surat Edaran Bagi Calon Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Mesir

OIAA Terbitkan Surat Edaran Bagi Calon Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Mesir

1854
0
SHARE
Ilustrasi

Wasathiyyah.com, Jakarta — Menjelang tahun akademik 2019-2020, Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia mengeluarkan surat edaran bagi calon mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar Mesir.

Surat edaran yang diterbitkan pada 12 Maret 2019 lalu itu diteken Sekretaris Jenderal (Sekjen) OIAA cabang Indonesia Muchlis M. Hanafi.

Berikut isi surat edaran yang diterima redaksi wasathiyyah.com:

Sehubungan dengan semakin dekat tahun akademik 2019-2020 di Universitas Al-Azhar Mesir, dengan ini kami sampaikan beberapa informasi bagi calon mahasiswa baru (camaba) asal Indonesia:

1. Dalam upaya mempersiapkan kader-kader bangsa terbaik yang akan memperkokoh wasathiyyat Islam di Indonesia, setiap tahun Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia membantu proses keberangkatan dan pendaftaran camaba di kampus Universitas Al-Azhar Mesir.

2. Sejak beberapa tahun terakhir, Universitas Al-Azhar melakukan placement test (tahdîd mustawâ) kemampuan bahasa Arab camaba. Sejauh ini, hasil tahdîd mustawâ camaba asal Indonesia masih belum cukup menggembirakan, sehingga sebagian besar camaba, bahkan tahun 2018 keseluruhannya, tidak bisa langsung kuliah di tahun berjalan, karena harus menyelesaikan kelas bahasa.

3. Melihat kasus-kasus yang terjadi belakangan ini, masa tunggu kuliah satu tahun sambil menyelesaikan kelas bahasa menimbulkan berbagai persoalan terkait ekonomi, sosial, keamanan, keimigrasian dan lainnya. Oleh karenanya, penyelenggaraan pendidikan bahasa Arab yang tersertifikasi oleh Al-Azhar di tanah air dipandang sebagai solusi terbaik.

4. Berdasarkan MoU antara Pimpinan Pusat OIAA di Kairo, selaku penyelenggara kelas bahasa di Kairo, dan OIAA Cabang Indonesia pada tanggal 26 Desember 2018, akan dibuka cabang lembaga pendidikan dan pelatihan bahasa Arab bagi calon mahasiswa baru (camaba) yang akan belajar di Al-Azhar Mesir bertempat di Indonesia. Dengan demikian, camaba mempunyai pilihan; antara mengikuti kelas bahasa di Kairo dengan beberapa konsekuensi diantaranya kemungkinan menghadapi berbagai persoalan sebagaimana pada poin 3 atau menyelesaikannya di Indonesia sebelum berangkat ke Mesir.

5. Sistem pengajaran dan semua proses belajar-mengajar dimulai dari tingkatan pembelajaran, kurikulum, buku ajar, tenaga pengajar, sertifikat dan lain-lain berasal dari Markaz Syeikh Zayid li Ta`limil Lughah al-Arabiyah li Ghayr alNâthiqîn bihâ milik Al-Azhar di Kairo. Sertifikat yang dikelaurkan Markaz diakui oleh Al-Azhar dan dapat digunakan untuk langsung masuk kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Kegiatan belajar di cabang Markaz Indonesia insya Allah akan dimulai pada bulan Juni 2019.

6. Untuk pembinaan yang lebih efektif, di Indonesia menggunakan sistem asrama dengan berbagai kegiatan yang mendukung kemampuan berbahasa. Dalam penyediaan sarana prasarana (ruang belajar dan asrama) OIAA cabang Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Perguruan Tinggi As-Syafi`iyyah yang beralamat di Jl. Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411.

7. Dengan mengikuti kelas bahasa sebelum berangkat ke Mesir, camaba memperoleh keuntungan antara lain; a) berangkat ke Mesir lebih siap secara akademik dan finansial; b) bisa langsung masuk kuliah di tahun berjalan; c) pendidikan di Indonesia lebih efektif dan kondusif karena menggunakan sistem asrama; d) terhindar dari masalah-masalah sosial, keamanan dan keimigrasian selama masa tunggu satu tahun di Mesir, dan lainnya.

8. OIAA cabang Indonesia mengingatkan kepada setiap camaba agar mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terkait kebijakan studi di luar negeri, dan berhatihati agar tidak menjadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

9. Informasi tentang proses keberangkatan dan penyelenggaraan kelas bahasa dapat diperoleh melalui website OIAA Indonesia www.maba.waagazhar.or.id atau menghubungi No kontak 0856-0101-0144 (WA/call), 08128775-2010 (call), 0822-6009-9292 (WA/call) Medsos: @woagindonesia (FP-FB), @alumniazhar (twitter), alumniazhar (IG). (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.