Home Kegiatan Alumni Berminat Jadi Tenaga Pengajar Bahasa Arab di Markaz Lughoh Indonesia, Ini Syaratnya

Berminat Jadi Tenaga Pengajar Bahasa Arab di Markaz Lughoh Indonesia, Ini Syaratnya

1165
0
SHARE
Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang dan Sekjen OIAA Muchlis Hanafi mendampingi calon mahasiswa baru (Camaba) mengikuti seleksi tahdid mustawa di Kairo, Mesir, Senin (24/12/2018)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Universitas Al Azhar Mesir akan membuka lembaga pendidikan dan pelatihan Bahasa Arab (markaz lughoh) di Indonesia.

Guna mewujudkan hal itu, Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) cabang Indonesia yang ditunjuk OIAA pusat, membuka kesempatan bagi ‘khirrij’ (sebutan bagi alumni Al Azhar Mesir) untuk mengabdi sebagai tenaga pengajar bahasa Arab di lembaga tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima, seleksi calon tenaga pengajar bahasa Arab memasuki gelombang II, yang pendaftaran dilakukan dimulai pada 15-28 Maret 2019 mendatang.

Para calon pendaftar harus memenuhi kriteria atau syarat-syarat yang telah ditentukan. Berikut sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi:

1. Berakhlaqul karimah

2. Sehat jasmani dan rohani

3. Setia pada prinsip moderasi Islam

4. Konsisten dengan manhaj Al-Azhar al-Syarif

5. Minimal telah lulus S1 Univeritas Al-Azhar semua jurusan ilmu-ilmu keislaman (al-kulliyyat as-syar’iyyah), diutamakan Fak. Bhs Arab, dibuktikan dengan ijazah (syahadah) atau tanda lulus sementara (syahadah mu’aqqatah)

6. Mengikuti seleksi yang dilaksanakan dua tahap: a) tahap pertama berupa wawancara oleh Pengurus OIAA Indonesia, b) tahap kedua diseleksi oleh pihak Pusat Bahasa Arab Syaikh Zayid (Markaz as-Syaikh Zayid li al-Lughah al-‘Arabiyyah), di bawah koordinasi OIAA Pusat, Mesir

7. Pendaftaran seleksi dimulai pada 15—28 Maret 2019 melalui email: [email protected] dan atau no. kontak +62 856-0101-0144 (WA), dengan melampirkan biodata diri secara singkat dalam bahasa Arab dan nomor kontak yang bisa dihubungi

8. Seleksi tahap pertama dilaksanakan pada:

a) Sabtu, 30 Maret 2019 jam 10.00 WIB – selesai, di Sekretariat OIAA Indonesia, Jl. Raya South City Selatan, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten Indonesia 15418, untuk peserta dari daerah Jabodetabek
b) Minggu, 31 Maret 2019 jam 10.00 WIB – selesai, melalui saluran telepon, untuk peserta dari luar daerah Jabodetabek

9. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan secara langsung kepada peserta seleksi yang dinyatakan lulus.

10. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan mengikuti pelatihan guru/pengajar di Pusat Bahasa Arab Syaikh Zayd (Markaz as-Syaikh Zayid li al-Lughah al-‘Arabiyyah), di bawah koordinasi OIAA Pusat, Mesir

11. Peserta yang dinyatakan lulus diminta kesediaannya
menandatangani kontrak kerja untuk masa kerja minimal 2 tahun
terhitung mulai Juni 2019.

12. Pengajar bahasa Arab di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Arab OIAA Indonesia akan mendapatkan honorarium yang layak sebagai tenaga profesional. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.