Home Kegiatan Alumni Calon Pengajar PUSIBA Ikuti Pelatihan di Kairo

Calon Pengajar PUSIBA Ikuti Pelatihan di Kairo

811
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo–Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) yang didirikan oleh Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Mesir Cabang Indonesia, Rabu (13/6/2019), melepas lima orang calon tenaga pengajarnya untuk mengikuti pelatihan intensif pengajaran Bahasa Arab di Kairo.

Sekjen OIAA cabang Indonesia, Muchlis M. Hanafi, mengatakan bahwa pelatihan guru tersebut merupakan tindak-lanjut dari Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani antara OIAA Cabang Indonesia dengan Al-Munazhzhamah al-‘Alamiyyah li Khirrij Al-Azhar Pusat di Kairo, 26 Desember 2018.

“Program ini merupakan tindak-lanjut dari kerjasama kita dengan OIAA Pusat,” ujar  Muchlis M. Hanafi kepada kru Wasathiyyah.

Selain calon tenaga pengajar yang diberangkatkan dari Indonesia, pelatihan pengajaran Bahasa Arab itu juga diikuti oleh calon pengajar yang sedang berdomisili di beberapa kota di Mesir setelah dinyatakan lulus seleksi. Jumlah semua calon guru 13 orang, 8 orang tinggal di Indonesia dan 5 orang sedang domisili di Mesir.

Pelatihan yang akan berlangsung hingga 15 Juli 2019 tersebut, berlangsung secara intensif enam hari seminggu di Markaz Al-Syaikh Zayed li Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghar al-Nâthiqîna Biha (Pusat Pengajaran Bahasa Arab Syaikh Zayed bagi Bukan Penutur Bahasa Arab) di kawasan Nasr City, Kairo.

Sebelumnya diberitakan bahwa OIAA Indonesia membuka PUSIBA di Jakarta sebagai cabang resmi Markaz Al-Syaikh Zayed Kairo, dalam rangka memberi kemudahan kepada calon mahasiswa Al-Azhar mengikuti kelas matrikulasi bahasa Arab yang menjadi syarat untuk mengikuti perkuliahan. Seperti diketahui, Universitas Al-Azhar Mesir belakangan memberlakukan keharusan mengikuti kelas bahasa Arab sesuai level hasil tahdîd al-mustawâ (placement test). Sertifikat yang dikeluarkan oleh PUSIBA Jakarta setaraf dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Markaz Al-Syaikh Zayed. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.