Home Kegiatan Alumni Raker Tahunan, OIAA NTB Berikhtiar Perkuat Moderasi Islam untuk Indonesia Damai

Raker Tahunan, OIAA NTB Berikhtiar Perkuat Moderasi Islam untuk Indonesia Damai

142
0
SHARE

Wasathiyyah, Mataram — Jajaran Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar menggelar Rapat Kerja (Raker) tahunan, Rabu (11/12), di Resto Dapur Selaparang, Mataram.

Raker dihadiri puluhan pengurus OIAA NTB yang juga merupakan para pimpinan Pondok Pesantren di NTB.

Ketua OIAA Cabang NTB, TGH Fauzan Zakaria Amin mengungkapkan, Raker ini digelar untuk menata berbagai program OIAA NTB, yang memiliki anggota ratusan ulama, Tuan Guru dan tokoh masyarakat se NTB.

“Melalui Raker kali ini kami OIAA NTB ingin misi menyebarkan moderasi Islam guna membangun Indonesia yang lebih damai serta penuh suasana persaudaraan dan toleransi, bisa didetailkan dalam bentuk program kerja,” kata Tuan Guru Milenial yang juga dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah NTB tersebut.

TGH Fauzan menekankan, menyebarkan misi moderasi Islam di tengah kehidupan umat Islam dan kehidupan berbangsa dan bernegara selama ini, menjadi nilai khas yang sangat kental yang menjadi saripati perjuangan para Alumni Al-Azhar.

“Sehingga, agar pnyebaran nilai tersebut semakin sitematis dan massi maka perlu didetailkan dalam bentuk program kerja Organisasi Alumni, paparnya.

Dalam Raker tersebut, jajaran pengurus OIAA NTB menetapkan berbagai program yang akan dijalankan sepanjang tahun 2020 mendatang.

Menurut Fauzan, mengingat jumlah anggota OIAA NTB semakin banyak maka perlu sinergitas dan kolaborasi yang kuat agar kehadiran alumni benar-benar dirasakan peran dan kiprahnya di tengah masyarakat.

“Hal itu sebagaimana ikrar yang pernah kami bacakan pada hari peringatan santri nasional bahwa kami Alumni Al-Azhar siap melakukkan kontribusi nyata untuk pembangunan masyarakat dan negara,” tukasnya.

Pada Raker kali ini juga disepakati pembentukan Koordinator Daerah (Korda) dalam rangka optimalisasi terselenggaranya setiap kegiatan di tingkat Kabupten/Kota se-NTB.

Sementara itu, Korda Lombok Timur TGH Habiburrahman mengatakan, kebenaran Islam tidak boleh disampaikan dengan cara yang tidak benar agar nilai Islam yang rahmatan lilalamin benar-benar dapat dirasakan keindahannya oleh seluruh segmen dan lapisan masyarakat.

“Menyampaikan ajaran Islam itu dengan niat yang benar, faham yang benar serta dengan manhaj yang benar. Kami dari alumni Al Azhar merasa berkewajiban untuk melanjutkan risalah kenabian yaitu Islam rahmatan Lil alamin dengan berpedoman pada manhaj wasatiatul Islam( moderasi Islam) sebagaimana yang telah kami pelajari bertahun tahun dari para ulama’ Al-Azhar,” katanya.

TGH Habiburahman menekankan, jangan sampai dakwah kebenaran disampaikan dengan cara yang tidak benar dan jauh dari nilai akhlak.

Ketua LPP OIAA NTB, Hj Enok Muthi’ah mengatakan, bahwa pada masa yang akan datang putra putri NTB tidak boleh mengalami kesulitan dalam melanjutkan cita-cita mereka untuk kuliah di Mesir khususnya di Universitas Al Azhar.

OIAA NTB akan berusaha maksimal untuk memfasilitasi para calon mahasiswa Al Azhar asal NTB.

“Sebagai Alumni Al Azhar, kami punya kewajiban diantaranya membantu para penuntut ilmu yang berkeinginan melanjutkan study ke Alazhar University Mesir. Untuk putra putri NTB yang hendak kuliah ke Mesir kami siap memberikan informasi, pengurusan keberangkatan, bahkan mencarikan peluang beasiswa baik dari pemerintah setempat, Lembaga Independen ataupun donatur perorangan,” katanya.

LPP OIAA NTB akan bekerjasama dengan OIAA Pusat Jakarta dan Lembaga Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) untuk memfasilitasi minat putra-putri NTB yang ingin melanjutkan pendidikan di Al-Azhar Mesir. (WST/YNF/TGM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.