Home Kegiatan Alumni Ulama Senior Hadiri Perayaan Satu Milenium Al Azhar Al-Sharif

Ulama Senior Hadiri Perayaan Satu Milenium Al Azhar Al-Sharif

672
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo — Al Azhar Al Sharif menggelar perayaan besar memperingati 1.079 tahun Hijriah berdirinya lembaga tersebut. Kegiatan diselenggarakan di Masjid Al Azhar, Kairo, Minggu (12/5/2019) atau 7 Ramadhan 1440 H mulai pukul 15.00 waktu setempat.

Dikutip dari laman Al Ahram, acara itu bakal dihadiri sejumlah ulama senior, pejabat dan pemimpin Al-Azhar.

Perayaan satu milenium Al Azhar akan diramaikan dengan sejumlah acara dan kegiatan, di antaranya kaligrafi Arab, membaca Alquran, pemberian hadiah dan buka puasa bersama (ifthor jama’i) dengan sekitar 2.500 orang.

Pada bulan Mei 2018, Grand Syeikh Al Azhar Dr. Ahmad Tayyib menyepakati bahwa setiap tanggal 7 Ramadhan akan diperingati sebagai Hari Al Azhar Al Sharif setiap tahunnya di Masjid Al Azhar, Kairo.

Diketahui, Al Azhar Al Sharif pertama kali berdiri berupa masjid pada 361 H atau 972 M. Masjid tersebut merupakan yang paling penting di Mesir dan paling terkenal di dunia Islam.

Al Azhar sebagai sebuah masjid dan universitas telah menginjak usia lebih dari seribu tahun. Al Azhar didirikan Jawhar al-Kâtib al-Siqili, seorang panglima perang Dinasti Fâtimiyyah pada masa kekhalifahan al-Muiz Lidinillah (952-975 M) dengan tujuan untuk menyebarkan paham Syiah. Namun, saat ini sedang doktrin itu pun berganti menjadi sunni.

Pendirian Al Azhar Al Sharif didirikan dengan ditandai salat Jumat pertama pada 7 Ramadhan 361 H – 972 M. (WST/YN/ahram.org.eg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.