Home Kegiatan Alumni Maqwa Mart Krui Terbentuk, Upaya Membangun Ekonomi Umat

Maqwa Mart Krui Terbentuk, Upaya Membangun Ekonomi Umat

69
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Krui – Sebanyak 20 orang, kemaren (Jum’at, 9/10) berkumpul di Ruko Pasar Ulu dan bersepakat untuk mendirikan Koperasi Serba Usaha (KSU). Koperasi bernama Maqwa Mart Krui dan berada di bawah Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung ini, merupakan supporting system dari Markaz Maqwa Krui sekaligus upaya membangun ekonomi umat di kabupaten Pesisir Barat Krui.

Masa perintisan ini, Maqwa Mart Krui ingin fokus pada 2 jenis usaha, yaitu menjual kebutuhan pokok dan barang-barang hasil produksi anggota, baru kemudian akan merambah ke pelayanan jasa dan melayani simpan pinjam.

Ketua pembina Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung sekaligus inisiator berdirinya koperasi primer KSU Maqwa Mart Krui itu, Udo Yamin Majdi, menegaskan bahwa berjamaah dalam ekonomi harus dibangun di tengah-tengah umat. Sebab dengan berjamaah, apapun bisa dilakukan.

“Kita harus membangun mindset dan karakter bahwa berjamaah dalam bidang ekonomi sebuah keniscayaan dalam menyejahterakan rakyat,” ujar Mudir Markaz Maqwa Krui.

Lebih lanjut, beliau memaparkan bahwa berjamaah dalam bidang ekonomi tersebut, selain menjadi bagian dari prinsip mu’amalah dalam Islam, juga merupakan amanat konstitusi Republik Indonesia, bahkan proklamator dan wakil presiden RI pertama, Mohammad Hatta pun mengonsepsi koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa.

“Koperasi ini, selain mewujudkan konsep berjama’ah dalam Islam di bidang ekonomi, juga sebagai amanat konstitusi. Proklamator sekaligus Bapak Koperasi kita, sudah membuat pondasi koperasi ini, tinggal tugas kita menjadikannya sebagai gerakan rakyat,” kata Ustaz Muda asal Banjar Agung Krui dan sekarang merintis berdirinya International Al-Maqwa Boarding School (IABS) Krui di Jalan Fatmawati Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah Krui.

Dalam rapat pendirian koperasi tersebut, terpilih sebagai ketua koperasi Indoyo, sekretaris Erwin Dapid dan bendahara Emmy Susanti. Sedangkan sebagai pengawas Ustaz Udo Yamin Majdi, Ustaz Muzni HM, Syahrir dan H. Furqon Balyan.

Adapun anggota koperasi, sebelum dibuka untuk umum, akan diutamakan keluarga besar Yayasan Warotsatul Anbiya Lampung, orang tua/wali santri Markaz Maqwa Krui sekarang hampir 80 orang, dan puluhan jamaah pengajian Majelis Taklim Maqwa. Apabila Maqwa Mart Krui sudah berjalan dan stabil, maka akan memberikan peluang bagi siapa saja untuk bergabung menjadi anggota.

Ketua koperasi Maqwa Mart Krui mengungkapkan ada 2 hal utama yang akan segera dilakukan saat ini, pertama proses legalitas mulai dari verifikasi nama koperasi, pengesahan Akta Pendirian Koperasi, sampai permohonan pengesahan pendirian koperasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM; kedua, melengkapi fasilitas toko tempat penjualan bahan pokok dan display produk anggota.

“Setelah pembentukan koperasi, dua hal yang akan kita lakukan, pertama pengurusan legalitas dan kedua melengkapi peralatan di ruko tempat usaha,” ungkap Indoyo. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.