Home Kegiatan Alumni Dihadiri Pengurus WAAG Pusat, OIAA Cabang Indonesia Gelar Rakornas

Dihadiri Pengurus WAAG Pusat, OIAA Cabang Indonesia Gelar Rakornas

123
0
SHARE
Rakornas OIAA cabang Indonesia di Hotel Santikan, Jakarta, Jumat-Sabtu (4-5/10/2019)

Wasathiyyah.com, Jakarta — Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia kembali menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas). Hadir dalam Rakornas kali ini pengurus OIAA Pusat yakni Kepala Urusan Kantor The World Organization of Al-Azhar Graduates (WAAG) di Luar Mesir, Ahmad Fauzi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (4-5/10/2019) itu diikuti para ketua OIAA daerah, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Madura, Kalimatan Tengah, Kalimatan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) OIAA cabang Indonesia Muchlis Hanafi mengajak seluruh alumni Al-Azhar untuk menerapkan nilai-nilai moderasi Islam, seperti yang dipesankan Imam Besar Al-Azhar Syaikh Ahmad Tayyeb.

“Beliau kalau berkunjung ke Indonesia selalu mengingatkan kepada para alumni untuk tetap menjaga nilai-nilai Wasathiyatul Islam sebagai upaya menghadapi pemikiran yang menyimpang dan terorisme,” kata Duktur Muchlis di Hotel Santika, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Imam Besar Al-Azhar, sambung Duktur Muchlis, meminta agar kegiatan-kegiatan yang mengusung moderasi Islam harus terus diintensifkan.

“Sebenarnya kegiatan kita itu banyak, baik yang dilakukan organisasi maupun individu. Hanya kelemahannya, kita jarang mendokumentasikan acara-acara tersebut juga tidak melaporkannya,” ujarnya.

“Nanti teman-teman di daerah yang mempunyai kegiatan bisa mendistribusikannya atau menyampaikannya ke tim wasathiyyah.com untuk dipublikasikan,” pinta doktor dalam bidang Tafsir dan ilmu-ilmu al-Quran Universitas Al-Azhar, Kairo ini.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa OIAA cabang Indonesia juga mempunya sejumlah agenda salah satunya penyusunan beberapa buku tentang aqidah asy’ariyah .

“Itu yang juga dipesankan Imam Besar setiap kunjungannya ke Indonesia agar menjaga akidah asy’ariyah,” beber dia.

“Memang beberapa waktu yang lalu energi kita terfokus kepada PUSIBA (Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab, red), seperti membuat MoU, menyiapkan sarana dan prasarana, bahkan sekarang kita tengah membantu pemberkasan jelang keberangkatan calom mahasiswa baru Al-Azhar,” tukasnya.(WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.