Home Kegiatan Alumni Rakornas OIAA, TGB : Perkuat Nilai-nilai Wasathiyah Islam di Indonesia

Rakornas OIAA, TGB : Perkuat Nilai-nilai Wasathiyah Islam di Indonesia

239
0
SHARE
Rakornas OIAA Cabang Indonesia, Rabu (5/8/2020) yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting

Wasathiyyah.com, Jakarta — Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia menggelar rapat koordinasi (Rakor). Kegiatan tersebut, dihadir para pengurus kantor-kantor cabang (makatib al-far’) OIAA Indonesia.

Agenda yang digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting dihadiri juga Wakil Ketua OIAA Pusat di Kairo Ust Usamah Yasin. Ketua OIAA Indonesia TGB M Zainul Majdi menyampaikan agar para alumni terus menyuarakan yang menjadi fokus Al-Azhar.

“Agenda besar kita yaitu penguatan nilai-nilai wasathiyyah (kemoderatan) Islam di Indonesia,” ujar dia dalam sambutannya, Rabu (5/8/2020).

Menurut TGB, salah satu bentuk kemoderatan Islam dalam konteks Indonesia adalah penerimaan bentuk negara Indonesia sebagai wadah dan sarana untuk menjalankan dan mendakwahkan Islam.

“Kita harus tetap optimis dalam kondisi apapun dan menyebarkan opmitimisme ini kepada umat,” pesannya.

TGB mengingatkan pernyataan yang disampaikan anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar dan mantan Menteri Wakaf Mesir Abdel Fadhil Al-Qushi bahwa umat Islam dunia berharap wajah umat Islam wasathi di Indonesia.

“Mengokohkan manhaj Asy’ari yang jadi pegangan Azhar, kita cerminkan ruh wasathiyyah Islam dalam aktifitas dakwah kita,” imbau mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat dua periode ini.

Ia juga menyinggung soal keberadaan Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) yang merupakan cabang resmi Markaz Lughoh Kairo.

“PUSIBA merupakan instrumen baru dalam upaya ta’ziz wasathiyyatul Islam,” ungkapnya.

Selain itu, Rakornas kali ini juga membahas berbagai hal di antaranya penyelenggaraan multaqa virtual yang rencananya akan mengundang Grand Syekh Al-Azhar, peningkatan layanan dan kualitas PUSIBA dan mengagendakan pertemuan lanjutan. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.