Home Kegiatan Alumni Darul Fikri Garut Lolos dan Berhak Ikut Audisi 2 OPOP 2020

Darul Fikri Garut Lolos dan Berhak Ikut Audisi 2 OPOP 2020

194
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Garut–Pondok Pesantren Quran Terpadu(PPQT) Darul Fikri Garut lolos dan berhak untuk mengikuti Audisi Tahap 2 OPOP 2020. Hal tersebut ditetapkan dalam SK Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dengan Nomor 893.8/KEP.211/P3W Tanggal 27 Oktober 2020 dan baru diumumkan hari ini (Ahad, 01/11) di website https://opop.jabarprov.go.id

OPOP singkatan dari One Pesantren One Productadalah salah satu kegiatan dari program Gubernur Jawa Barat periode tahun 2019-2023 yang disebut Program “Pesantren Juara” dalam rangka mendorong pemberdayaan pesantren agar mempunyai produk unggulan serta mampu mandiri secara ekonomi.

Kegiatan OPOP ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil melalui UPTD Pendidikan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat, dan tahapan kegiatan meliputi; Pelatihan dan Magang, Pendampingan Usaha, Temu Usaha, Lomba Produk Unggulan Pesantren, dan Pameran OPOP.

Tahun ini (2020), lebih dari seribu pesantren yang mendaftar, namun yang lolos seleksi secara administrasi ada 664 pesantren dan lolos Audisi Tahap 1 sebanyak 500 pesantren, terdiri dari 250 start up dan 250 scale up. Diantaranya PPQT Darul Fikri Garut, jenis usaha olahan makanan sale pisang Banana Helwa dengan katagori scale up.

“Alhamdulillah, Darul Fikri Garut tahap satu lolos. Kita pun, akhir September lalu, ikut Pelatihan dan Magang di Ponpes Darul Arqam Garut,” Kata peserta OPOP 2020 utusan dari PPQT Darul Fikri Garut, Ustaz Yamin Efendi dan sering dipanggil Udo Yamin Majdi.

Udo Yamin Majdi menuturkan bahwa Pelatihan dan Magang OPOP sangat membantu dalam mengembangkan Banana Helwa. Sebelum mengikuti acara tersebut, produk dengan tagline “Sale Pisang Juara” ini memakai kemasan plastik ditempel stiker dan sekarang kemasan dicetak dengan desain menarik dan memakai bahan alumunium foil. Begitu juga dalam hal perizinan, setelah magang peserta OPOP sekaligus direktur Darul Fikri Food itu mulai mengurus NIB, IUMK, PIRT, Halal, HAKI merk, dan akte notaris koperasi. Apalagi setelah dana hadiah diterima, beberapa peralatan produksi dibeli.

“Saya dan keluarga besar Darul Fikri Garut, merasa sangat bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada gubernur-wakil gubernur, Kang Emil dan Pak Uu, atas program OPOP ini sehingga kami bisa ikut dan terbantu dalam pengembangan produk,” ujar Udo Yamin Majdi.

Berdasarkan penilaian oleh pendamping dalam kegiatan pendampingan dan penilaian pelatihan dan magang tanggal 21 – 24 September 2020 oleh pesantren host, Darul Arqam Garut, PPQT Darul Fikri Garut lolos dan berhak untuk mengikuti audisi tahap 2 dengan indikator, 1) Konsistensi bisnis yang diajukan pesantren di proposal dengan bisnis yang dijalankan selama pendampingan; 2) Keaktifan dalam masa pendampingan; 3) Konsistensi peserta pelatihan dan magang dengan nama yang di proposal; 4) Keaktifan peserta sampai pelatihan dan magang selesai; 5) Keikutsertaan dan nilai presentasi peserta di akhir kegiatan pelatihan dan magang dengan indikator gambaran bisnis, konsumen, pesaing, distribusi, supplier, keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, pemahaman terhadap materi pelatihan dan magang serta sikap selama presentasi dan komitmen untuk menjalankan materi pelatihan dan magang di pesantren.

“Alhamdulillah, hari ini saya mendapat informasi dari website OPOP, Darul Fikri Garut lolos dan berhak ikut Audisi Tahap Dua. Ini tentu ini, amanah dari Allah agar kami lebih semangat lagi berikhtiar,” kata ustaz muda yang pernah mengenyam bangku kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir itu.

Udo Yamin Majdi juga memberitahukan bahwa PPQT Darul Fikri Garut akan ikut Audisi Tahap 2 pada hari Jumat tanggal 6 November 2020 pukul 08.50 sampai 09.15 WIB di Fave Hotel ruang D. Setelah membuat konten video berdurasi 5 menit dan menguploadnya di Youtube, saat ini Udo Yamin Majdi fokus mempersiapkan file presentasi (PPT) 18 slide. Selain ikhtiar, beliau juga meminta doa dari berbagai pihak, supaya Allah memberikan hasil terbaik.

“Ikhtiar sudah kita lakukan, sekarang mohon doanya, agar presentasi tahap dua lancar dan Banana Helwa kembali juara di tahap ini,” pinta peserta OPOP 2020 dengan ID OPOPA20432 itu. (WST/YNF)

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.