Home Berita Internasional OIAA Pusat Gelar Lokakarya Terorisme untuk Alumni di Somalia

OIAA Pusat Gelar Lokakarya Terorisme untuk Alumni di Somalia

63
0
SHARE
Dr. Jamal Farouk saat memberikan materi di hadapan alumni Al Azhar di Somalia secara virtual.

Wasathiyyah.com, Kairo – Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Pusat mengadakan lokakarya untuk para imam dan dai lulusan Universitas Al Azhar yang berada di Somalia Selatan. Lokakarya yang dilakukan secara virtual ini mengambi tema, “Strategi Menghadapi Terorisme dan Ekstrimisme”.

Dr. Jamal Farouk, mantan dekan Fakultas Dakwah Islamiyyah Universitas Al Azhar Kairo, selaku narasumber mengemukakan secara runut terminologi terorisme dan ekstrimisme di hadapan para peserta lokakarya.

Ia menjelaskan bahwa terorisme sebagai penyimpangan intelektual dari jalan yang benar dan adil. Baik itu berupa pemahaman agama yang terlalu ketat dan berlebihan, maupun yang terlalu menggampangkan dan dangkal akan referensi. Kedua kondisi ini sama-sama dapat memicu sikap ekstrim, keras dan intoleran.

Dr. Farouk juga mengemukakan langkah-langkah yang bisa dilakukan alumni Al Azhar dalam membendung pemikiran ektrim. Yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan yang mengajarkan pemahaman wasathiyyah dalam ajaran agama. Juga meningkatkan kualitas ekonomi dan sosial masyarakat. Mengingat gerakan terorisme dan ekstrimisme kerap mengelabui masyarakat awam lewat celah ekonomi masyarakat dan keadilan sosial yang rapuh.

Lokakarya ini mendapat sambutan yang baik dari para peserta yang merupakan alumni Al Azhar. Mereka berharap acara semacam ini diadakan secara rutin dan membahas isu-isu aktual yang dibutuhkan masyarakat.

Para peserta juga bersepakat bahwa nilai-nilai wasathiyyah yang diajarkan oleh Al Azhar akan terus dikampanyekan di berbagai kampus di Somalia. (WST/RS/azhargraduates)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.