Home Catatan Masisir BWAKM Beri Santunan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia di Mesir

BWAKM Beri Santunan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia di Mesir

132
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Cairo — Dalam acara penyerahan santunan beasiswa mahasiswa asuh Badan Wakaf dan Amal Kesejahteraan Mahasiswa (BWAKM) Mesir yang diselenggarakan Ahad (26/01), BWAKM Mesir memberi kesempatan beasiswa bagi 60 mahasiswa dan mahasiswi pada jenjang Strata S1 untuk tahun akademik 2019/2020 yang sedang menyelesaikan studi di Universitas Al-Azhar Mesir.

KUAI / Wakil Kepala Perwakilan RI Cairo, M. Aji Surya  dalam sambutannya menyatakan, para mahasiswa yang menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar harus dapat mengokohkan niat, fokus belajar menyelesaikan tugas tugas perkuliahan dan selesai tepat waktu.

Niat harus dibarengi dengan kerja keras, kegigihan dalam belajar, lanjut Aji Surya,  karena di Mesir semua berbeda dengan apa yang ada di Indonesia. Iklim di Mesir, bisa membuat terlena, musim dingin yang seharusnya bisa dipakai untuk membaca dan menulis, pudar dan lenyap terkalahkan olehnya tebalnya selimut.

“Keberadaan adik adik Mahasiswa di Al Azhar Mesir menjadi kesempatan yang besar untuk melihat, mendengar, mengamati serta menganalisa bagaimana gagasan agama, toleransi, budaya, sosial, politik hingga kemanusiaan hidup disini, karena saat pulang kelak ke tanah air, kalian semua akan menjadi panutan dan duta-duta Islam Moderat, mengemban amanah Wasathiah dihadapan masyarakat Indonesia,” ungkap KUAI, M. Aji Surya.

Sedangkan Johannes Cornelius Nobels (Muhammad Yahya Nabil), Direktur Luar Negeri BWAKM yang bertugas mengumpulkan dana dari komunitas Muslim di Eropa, mengungkapan terima kasihnya yang tak terhingga kepada komunitas Muslim Eropa yang telah sudi memberikan santunan pendidikan kepada mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Universitas Al-Azhar Mesir.

“Kami mengharapkan agar segenap masyarakat Muslim Eropa dapat lebih giat menyumbangkan dananya untuk para mahasiswa Indonesia di Mesir,” tutur Nobels yang memberi sambutan dengan bahasa Arab secara langsung dari Batumi, Georgia.

Sementara itu, Syamsu Alam, Direktur Badan Wakaf dan Amal Kesejahteraan Mahasiswa (BWAKM) Mesir memaparkan, usaha program beasiswa mahasiswa asuh ini berawal dari gagasan mahasiswa untuk saling membantu mahasiswa yang sangat membutuhkan. Usaha ini mendapat dukungan penuh dari Duta Besar RI di Cairo, donasi dari para staf KBRI Cairo, Muhsinin Mesir, muslim Eropa, para petugas haji dari Cairo, para alumni Al Azhar serta pelaku usaha Indonesia. Dana yang telah disalurkan sejak 2005 hingga 2020 lebih dari 7 miliar rupiah. Syamsu Alam menghimbau agar para penerima beasiswa ini dapat lebih meningkatkan kualitas studi dan ibadahnya.

Mekanisme calon penerima beasiswa mahasiswa asuh yang telah berlangsung sejak 2005 ini berdasarkan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Donatur diantaranya memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi, berkelakuan baik dan berekonomi lemah.

“Ke depan kita mengharapkan jumlah penerima dan jumlah nominal yang diterima mahasiswa semakin meningkat, Untuk tahun ini difokuskan pada program S1 memeroleh beasiswa sebesar EGP. 500 (senilai Rp. 430 ribu) per mahasiswa sebanyak 60 mahasiswa dan mahasiswi,” papar Mustapa Pian Siregar,  Ketua Pelaksana Harian dan Koord Program Beasiswa BMA BWAKM. (WST/YNF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.