Home Kisah Nyata Surga Tersembunyi di Oman

Surga Tersembunyi di Oman

472
0
SHARE

Muhammad Iman Sastra Mihajat/Balqis Az Zahra

Wasathiyyah.com–Kami ingin mengawali cerita tentang Oman ini dari satu hadits yang sangat terkenal sekali. Bahkan hadits ini terpampang di dinding bandara ketika kita menginjakkan kaki pertama kali di Oman. Hadits ini menceritakan tentang seorang sahabat yang diutus oleh Rasulullah untuk berdakwah ke suatu tempat, lalu mereka mendapatkan perlakuan yang tidak baik, mereka di pukuli, dihina, dan diusir dari kampung tersebut, lalu mereka mengadu ke Rasulullah SAW, dan beliau bersabda:

أبو برزة رضي الله عنه فيقول: بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا إِلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ، فَسَبُّوهُ وَضَرَبُوهُ ، فَجَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَهُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “لَوْ أَنَّ أَهْلَ عُمَانَ أَتَيْتَ مَا سَبُّوكَ وَلَا ضَرَبُوكَ”  رواه مسلم (رقم/2544)

Abu Barzah mengatakan, “Bahwasanya Rasulullah SAW mengutus seseorang ke salah satu kota di Arab, kemudian ia dicaci maki dan dipukuli, lalu ia mendatangi Rasulullah untuk mengadukan hal ini, lalu Rasulullah SAW berkata, ‘Seandainya yang kalian datangi itu adalah orang Oman, tentu mereka tidak akan menghinamu dan tidak juga memukulimu.'”

Dari hadits ini, kita akan mengetahui, bagaimana baiknya orang Oman dalam bermuamalah. Dan betul sekali, selama hampir genap 5 tahun tinggal merantau di Oman, kami sangat merasakan kenyamanan dan kenikmatan yang luar biasa. Negara yang dipimpin oleh seorang Sultan (karena Negara ini menganut konsep kesultanan) yang sangat dicintai oleh Rakyatnya, yang bernama Sultan Qaboos bin Said Al Said. Dan sebagai expat di sini, sebagai pendatang, kami pun sangat menghormati Sultan mereka.

Baiknya lagi, Sultan mereka pun sangat perhatian kepada rakyatnya. Jadi kita akan melihat dan merasakan sendiri bagaimana aura seseorang pemimpin yang sangat mencintai rakyatnya dan rakyatnya pun begitu mencintai pemimpinnya. Bahkan saking hormatnya, kami belum pernah menemukan orang Oman yang menyebut nama Sultan mereka secara langsung, akan tetapi mereka menyebutnya dengan ‘Yang Mulia, atau Sohibul Jalaalah, atau His Highness.’ Dari penyebutan ini saja kita bisa sangat memahami, bagaimana pemimpin mereka sangat diagungkan dan dicintai oleh rakyatnya.

Mungkin inilah yang dimaksud sebuah hadits, ‘Sebaik-baik pemimpin adalah kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian, kalian mendoakan kebaikan terhadap mereka dan mereka pun melakukan yang sama.’ Sebagaimana sebuah hadist dibawah ini yang diriwayatkan oleh ‘Auf bin Malik:

حديث عوف بن مالك قال: سمعت رسول الله ﷺ يقول: خيار أئمتكم الذين تحبونهم ويحبونكم، وتصلون عليهم ويصلون عليكم (رواه مسلم)

“Sebaik-baiknya pemimpin kamu adalah mereka yang kamu cintai dan mereka pun mencintamu, kamu menghormati mereka dan merekapun menghormati kamu.”(HR Muslim)

Sebagaimana negara teluk lainnya, Oman adalah negara Arab yang penghasilan utama negaranya adalah minyak dan gas. Akan tetapi, Oman sangat berbeda dengan negara teluk lainnya, karena Oman adalah negara terbesar di Timur Tengah setelah Saudi Arabia. Oman memiliki tempat-tempat wisata yang sangat unik dibandingkan negara teluk lainnya seperti ketika musim panas tiba, ada satu kota di Oman yang malah kebalikan dibandingkan kota-kota lainnya, yaitu kota Salalah. Kota ini berada diperbatasan Yaman. Kotanya sangat hijau dan dingin ketika musim panas, berbeda dengan di kota-kota lain. Maka dari itu, banyak sekali wisatawan dalam negeri dan luar negeri yang berkunjung ke sini, di sana juga ada wadi atau danau yang sangat indah dan jernih ketika musim panas tiba. Turis yang berkunjung kebanyakan membawa kendaraan pribadi langsung dari negara mereka, seperti Saudi Arabia, Bahrain, Qatar, Kuwait dan negara tetangga, UAE.

Ketika saya pertama kali datang ke kota ini, kemudian saya publish fotonya di media sosial, orang kebanyakan tidak percaya kalau ini adalah di Oman. Beberapa dari teman bilang kalau ini adalah Garut, ada yang bilang ini di Sumatera, dan lain lain. Karena memang kotanya hijau, banyak yang jualan buah-buahan di pinggir jalan seperti di Indonesia. Harga-harga penginapan baik hotel atau apartment pada musim ini juga biasanya naik 100% lebih dari biasanya karena ini adalah peak season, tepatnya mulai di bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Di Oman, banyak juga syurga tersembunyi seperti pulau-pulau kecil indah yang sangat tepat untuk diving dan snorkeling, karena banyak ikan-ikan indah di dalamnya. Bagi yang hobi mancing, ada banyak spot yang bisa digunakan untuk memancing dan tentunya banyak sekali ikannya. Itu baru dipinggir laut, kalau ke tengah laut otomatis ikan-ikan besar itulah target kita.

Selain itu, bagi yang suka danau selain di Salalah, banyak spot yang bagus, diantaranya Wadi Bani Khalid, Wadi Arbaeen, dan banyak lagi wadi-wadi yang bagus untuk spot berpetualang. Ada juga sink hole, tempat yang indah banget untuk berenang dan terjun bagi yang suka berenang. Bagi penggemar off-road, ini jangan sampai ketinggalan, bisa dicoba mobil-mobil offroad yang ada, mulai dari Landcruiser, mobil ini banyak sekali dipakai disini, karena harganya hanya setengah dari harga di Indonesia. Bagi yang suka jeep Rubicon, bisa di pake disini, atau mobil offroad lainnya, ada VW Touareg, Hyundai SantaFe, LC Prado, dan lain lain. Bagi yang suka sejarah, Oman juga menyiapkan satu museum Oman yang menceritakan sejarah-sejarah Oman. Bagi yang suka dengan pertunjukan, ada Oman Opera House. Untuk oleh-oleh, jangan lupa mampir ke Souq Matrah, disini semua oleh-oleh tentang Oman ada dengan harga yang kompetitif. Tapi baiknya tanya-tanya dulu ke orang Indonesia yang tinggal disini supaya ga kemahalan belinya hehehe. Disini juga kotanya sangat tertib lalu lintas, bersih, dan tertata rapi.

Untuk masalah visa? Tenang guys, passport Indonesia punya bargaining power. Jadi kita bisa dapet visa on arrival, untuk traveling seminggu disini biayanya OMR 5 atau sekitar Rp 182.500/@36.500. Kalau sebulan hanya OMR 20 atau sekitar Rp 730.000. Atau bisa langsung apply online ke link ini : https://evisa.rop.gov.om/ bayarnya pake kartu kredit Visa atau MasterCard, jadi kurang dari 24 jam, visannya sudah dikirim ke email kamu.

Untuk musim, di Oman sebenarnya hanya ada 2 musim, yakni musim panas dan musim dingin. Jika sedang puncaknya musim panas pada bulan Mei-Augustus, kadang temperature mobil kita bisa menyentuh angka hingga 50°C. Namun menurut pemerintah Oman, angka tersebut kurang valid, yang valid adalah yang ada di pemerintah setempat. Karena kalau benar  sampai 50°, berdasarkan undang undang disini, maka sekolah dan kantor akan diliburkan. Sedangkan ketika musim dingin, dinginnya di Oman enak pakai banget hehehe seperti di Puncak, Bogor saja kalau di Indonesia, masih diatas 10°C. Jadi nggak perlu pake jaket super tebel agar terlindungi dari dingin. Puncak winter di Oman pada bulan November-Februari, dimana pantai dan taman akan penuh hingga malam hari, terlebih di waktu weekend dimana banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarga untuk BBQ hingga kemping, dan rata-rata free biaya masuknya.

Oh ya kemarin ketika bulan November, ada salju turun di Jabal Syam, sekitar 248 KM dari Muscat. Kalau naik mobil memakan waktu sekitar 3 jam. Berhubung jalan di sini bagus banget dan CV mobilnya gede-gede sampai 5000-6000 CC, maka perjalanan 140-160KM per jam pun nggak akan begitu terasa. Apalagi mobil bagus sekelas Lexus LX atau GX atau GMC Yukon dan Chevrolet Tahoe atau Cadillac Escalade. Tapi kita harus ingat, di sepanjang jalan ada banyak kamera pengintai yang jarang terlihat, jadi maksimum 135 KM per jam saja, usahakan jangan lebih, lumayan isi kantongnya kalau buat bayar denda kelebihan kecepatan mobil. Kalau lebihnya di atas 15 KM sekitar OMR 10, tapi kalau 15-30 KM/jam bisa sampai OMR 30.

Untuk belanja barang elektronik, baju, dan sepatu, enaknya ketika musim diskon, disini diskonnya beneran, jadi dari harga aslinya yang asli itu lah didiskon, nggal dinaikin dulu harganya baru didiskon seperti di beberapa tempat di negara lain.

And the last, bagi kalian yang dapat tawaran kerja di Oman, di okein aja guys, selain karena alasan-alasan yang sudah kami tulis diatas, nggak dipungkiri mata uang mereka ini besar sekali, jadi kalau dikonversi ke rupiah, gaji bulanan lumayan bisa nabung buat rumah dan investasi di Indonesia. Tapi disini biaya hidup agak mahal, sewa apartment bisa menyentuh 10-20 juta per bulannya. Kalau rumah, disini mereka menyebutnya villa, sewa bulanannya bisa di atas 20juta, tergantung lokasi dan kemewahan interiornya. Untuk biaya hidup kalau biasa berhemat bisa 7-10 juta per bulan. Tapi itu semua tergantung kita, mau gaya hidup yang bagaimana.

So guys, masih penasaran dengan cerita-cerita seru disini, yuk kunjungi Oman. (WST/YNF)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.