SHARE
KH. Abdullah Gymnastiar

Oleh : Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Mengetahui segala kejadian dan rahasia, senantiasa melimpahkan hidayah-Nya kepada kita. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.” (QS. Al Hujurat [49] : 10)

Persaudaraan adalah lawan dari permusuhan. Rasa bersaudara itu akan sangat berbeda dengan permusuhan. Memiliki saudara jauh lebih baik daripada memiliki musuh. Saudara membuat kita merasakan tidak sendirian, sedangkan musuh membuat kita merasa terancam, tidak tenang.

Ada saudara senasab, saudara sekampung, saudara senegara, saudara seorganisasi, tapi yang paling luhur adalah saudara seakidah atau seiman. Walaupun berbeda pendapat, berbeda pandangan, namun kita tidak boleh memandang sebagai musuh terhadap orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya. Apalagi kalau kita mengingat bahwa perbedaan adalah hal yang sangat manusiawi, karena tidak mungkin kita akan menemukan dua orang yang sama sepenuhnya. Selalu saja ada perbedaan bahkan di antara kakak beradik yang kembar identik sekalipun.

Manusia lahir ke dunia adalah karena perbedaan, ibu dan bapak kita adalah dua jenis manusia yang berbeda. Oleh karena itu, jika pada zaman sekarang ini banyak yang mengkampanyekan LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender), sesungguhnya ini tiada lain hanyalah kampanye dosa dan kemaksiatan yang mengantarkan pada malatepaka dan murka Allah Swt.

Semangat persaudaraan ini harus kita hidupkan terus di dada kita agar kaum muslimin senantiasa solid, kuat, tidak mudah diadudomba. Meskipun terdapat perbedaan dalam banyak hal di antara kita, namun itu bukanlah alasan untuk membuat kita saling menjauh apalagi saling bermusuhan. Perbedaan di tengan umat Islam adalah sarana dari Allah agar kita semakin saling mengenal, saling melengkapi, saling belajar dan semakin kuat persaudaraannya.

Kita berharap semoga umat Islam menjadi umat yang kuat persaudaraannya, saling membantu, saling mendukung, dan saling memuliakan. Tiada hubungan yang lebih indah di antara manusia selain hubungan persaudaraan berlandaskan keimanan kepada Allah Swt. Wallahu’alambishawab.[]

 

Sumber www.smstauhiid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.