Home Hikmah Hujan Adalah Rahmat Allah

Hujan Adalah Rahmat Allah

183
0
SHARE
KH. Abdullah Gymnastiar

Oleh : Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillah. Semoga Allah Yang Maha Melihat lagi Maha Mendengar, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang ahli takwa. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Sungguh Allah Swt. tiada pernah berhenti melimpahkan karunianya kepada seluruh makhluk-Nya, dan salah satu bentuk karunia itu adalah hujan. Yang dengan air hujan maka tanah yang tandus menjadi gembur, pepohonan yang kering menjadi hijau subur, manusia yang kekeringan menjadi tercukupi keperluan airnya. Yang layu jadi mekar, yang lemah jadi kuat, yang suram jadi segar. Bahkan hujan menjadi jalan munculnya yang hidup dari sesuatu yang mati. Maasyaa Allah!

Allah Swt. berfirman, “(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu).” (QS. Al Anfal [8] : 11)

Oleh karena itu, jika kita menyaksikan musibah banjir atau longsor, pasti bukan disebabkan hujannya melainkan disebabkan hal lain yaitu kembali kepada kita selaku manusia, makhluk yang diamanahi oleh Allah untuk mengelola alam ini. Kemungkinan besar ada yang salah dalam tindak-tanduk kita mengelola alam yang Allah titipkan kepada kita ini. Boleh jadi kita lalai melestarikan hutan, keliru mengurus sungai, abai mengelola drainase, ceroboh menyikapi sampah, dan berbagai kealpaan lainnya. Oleh karenanya, kita perlu selalu mengintrospeksi dan memperbaiki diri serta bertaubat kepada Allah Ta’ala.

Allah Swt. berfirman, “Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az Zukhruf [43] : 11)

Air hujan yang Allah Swt. turunkan ke bumi ini selalu dalam takaran yang sebenarnya cukup, tidak berlebihan, tidak melampaui kesanggupan bumi untuk menampungnya. Maka, berbagai musibah alam yang seringkali terjadi semestinya menjadi bahan bagi kita untuk mengevaluasi diri kita, sudahkan kita berperan dengan penuh rasa amanah dan tanggungjawab sebagai khalifah di muka bumi? Karena sesungguhnya hujan adalah kasih sayang Allah untuk kita.

Tentunya kepada saudara-saudara kita yang saat ini sedang diuji oleh Allah Ta’ala dengan musibah longsor dan banjir, wajib bagi kita untuk meringankan beban mereka. Mari kerahkan bantuan untuk mereka sebatas kemampuan kita. Karena sesungguhnya ketika sebagian dari kita tertimpa musibah, itupun merupakan ujian bagi kita bagaimana kita mengamalkan empati terhadap sesama makhluk Allah Swt. Kita doakan juga semoga Allah menguatkan mereka yang sedang diuji dengan musibah, dan semoga Allah karuniakan keselamatan bagi negeri kita tercinta ini. Aamiin ya Rabbal’aalamiin.[]

 

*Sumber : www.smstauhiid.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.