Home Hikmah Istighfar Sebagai Jalan Keluar

Istighfar Sebagai Jalan Keluar

301
0
SHARE
Ust. Fahmi Salim Lc, MA.

Oleh : Ust. Fahmi Salim

Sebagai seorang muslim, kita tentu senantiasa mendawamkan istighfar di dalam kehidupan sehari-hari. Istighfar atau memohon ampun kepada Allah Swt. adalah amal yang mengandung begitu banyak manfaat sebagaimana Allah jelaskan di dalam Al Quran pada banyak ayat.

Pertama, istighfar bisa mengindarkan kita dari adzab atau bencana yang diturunkan oleh Allah Swt. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran, “Allah tidak akan menyiksa mereka selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan, Allah tidak akan menghukum mereka selama mereka memohon ampun.” (QS. Al Anfal [8] : 33)

Kedua, istighfar bisa menambah kekuatan kita. Umat ini tentu membutuhkan kekuatan ilmu pengetahuan, kekuatan ekonomi, kekuatan duniawi. Namun, ada kekuatan yang jauh lebih penting daripada semua itu yaitu kekuatan spiritual.

Di dalam Al Quran Allah mengabadikan ucapan nabi Hud kepada kaumnya, “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS. Hud [11] : 52)

Ketiga, istighfar menjadi jalan keberkahan hidup. Nabi Nuh as. pernah menyeru kepada kaumnya, “Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai”. (QS. Nuh [71]: 10-12)

Jika kita merasa hidup ini begitu sempit, usaha yang kita jalankan terasa begitu pelik, kebutuhan hidup seperti selalu sulit untuk dicukupi, maka hal pertama yang penting kita lakukan adalah istighfar memohon ampun kepada Allah Swt. Karena bisa jadi dosa yang kita lakukan telah menjadi penghalang datangnya kemudahan rezeki untuk kita. Dosa-dosa yang kita lakukan telah menjadi pembuka jalan bagi berbagai persoalan untuk datang dalam kehidupan kita. Maka, beristighfarlah. Astaghfirullaahal’adhiim. Astaghfirullaahal’adhiim. Astaghfirullaahal’adhiim.  

Saudaraku, suatu ketika Hasan Al Bashri ra. didatangi oleh tiga orang secara berurutan. Orang yang pertama mengadukan keadaannya yang sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai anak. Orang kedua datang mengadukan negerinya yang dilanda kekeringan. Lalu, orang ketiga datang mengadukan keadaan ekonominya yang sudah sekian lama dalam kondisi yang kesulitan.

Kepada ketiga orang itu Hasan Al Bashri menyarankan satu hal yang sama, yaitu memperbanyak istighfar memohon ampun kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, marilah kita jadikan istighfar sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari aktifitas lisan kita setiap hari sepanjang waktu. Karena istighfar bisa menjadi jalan keluar yang luar biasa atas berbagai macam masalah dalam hidup kita.

Dan, akan lebih baik lagi jika kita mendawamkan sayyidul istighfar, istighfar yang paling mulia sebagaimana diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw., “Allaahummaa Anta Rabbii laa ilaaha illaa Anta, khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu. A’udzubika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa Anta.”

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.”

Semoga Allah Swt. mengampuni dosa-dosa kita dan menggolongkan kita sebagai hamba-hamba yang istiqamah di jalan-Nya.[]

 

*Disarikan dari ceramah Ust. Fahmi Salim di Heidelberg, Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.