Home Hikmah Allah Tidak Menunggak

Allah Tidak Menunggak

384
0
SHARE
Prof. Dr. Quraish Shihab

Oleh : Quraish Shihab

Bismillaahirrahmaanirrahhim.

Saudaraku, jangan pernah kita menduga apalagi menyatakan bahwa Allah Swt. menuntut secara tunai dari kita dengan janji akan membalasnya di akhirat secara menunggak. Maha Suci Allah dari dugaan itu.

Sebenarnya, Allah telah memberi kita sebelum kita diminta untuk memberi sedikit dari pemberian-Nya. Allah Swt. berfirman, “Dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu.” (QS. An Nuur [24] : 33)

Kemudian saudaraku, yakinlah bahwa apa yang kita persembahkan akan disusul dengan penambahan-penambahan berganda. Jika demikian, jangan berkata Allah menunggak. Karena surga bukanlah pembayaran tunggakan dari Allah kepada kita, melainkan bonus yang diberikan Allah bagi hamba-Nya yang taat dan berbuat baik dalam kehidupan di dunia ini.

Sungguh, Allah Swt. tidak pernah menunggak ganjaran kebaikan terhadap hamba-Nya yang bertakwa. Bahkan, Allah melimpahkan karunia kepada kita jauh hari sebelum kita mengerti tentang kehidupan dunia ini. Allah limpahkan karunia-Nya kepada kita sejak kita masih berupa janin, yang belum punya pengetahuan, belum punya kemampuan bekerja, belum punya pengalaman apa-apa, belum terkenai kewajiban untuk menjalankan ibadah kepada-Nya. Allah sudah limpahi kita dengan berbagai pemberian yang tidak pernah bisa diukur manusia.

Semoga kita termasuk kepada golongan orang-orang yang bersyukur.[]

 

*Disarikan dari rekaman ceramah Prof. Dr. Quraish Shihab pada chanel Youtube yang dipublikasikan oleh SCTV pada 3 Juni 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.