Home Hikmah Tiga Sikap Bijaksana Menghadapi Corona

Tiga Sikap Bijaksana Menghadapi Corona

81
0
SHARE
TGB Muhammad Zainul Majdi

Oleh : TGB Muhammad Zainul Majdi

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Saudaraku dimanapun berada, saat ini kita sedang menghadapi wabah yang luar biasa, Corona Virus (Covid 19). Banyak negara yang terjangkit, termasuk negara yang kita cintai ini, Indonesia.

Perkenankan saya pada kesempatan kali ini menyampaikan beberapa hal sebagai pengingat bagi diri saya dan saudara sekalian.

Pertama, fafirru ilallaah, mari kembali kepada Allah Ta’ala. Perbanyak doa kita. Doa keselamatan agar kita dijauhkan dari wabah ini. Agar Allah Swt. menyembuhkan yang sakit dan menjaga bangsa ini.

Kedua, Islam mengajarkan untuk taat kepada waliyul amri. Maka anjuran, seruan, pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan virus Corona (Covid 19) wajib untuk kita taati.

Berdiam di rumah untuk sementara waktu. Tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang darurat. Kalaupun keluar, jagalah jarak dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan diri, tempat tinggal dan tempat beraktifitas. Sesering mungkin mencuci tangan. Konsumsi makanan yang sehat.

Semua tuntunan dan pedoman dari pemerintah kita taati. Taat kepada pemerintah yang sah merupakan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Ketiga, kita diajarkan untuk taat kepada para ulama. Para ulama dunia, para ulama Al Azhar Al Syarif di Kairo, para ulama Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Mesir, Turki dan para ulama Indonesia melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan anjuran, pedoman dan fatwa khususnya terkait shalat berjamaah di masjid dan shalat Jumat.

Dalam keadaan wabah seperti ini, dibolehkan untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah di masjid dan tidak melaksanakan shalat Jumat. Bagi yang tidak melaksanakan shalat di masjid, maka shalatlah berjamaah di rumah bersama keluarga. Bagi yang tidak melaksanakan shalat jumat, maka shalat Dhuhur di rumah.

Fatwa-fatwa ini dikeluarkan oleh para ulama yang ahli dan pakar di bidangnya. Mereka adalah para ulama yang faqih, zuhud dan berkompeten. Mereka mengeluarkan fatwa dengan tujuan menghindarkan umat dari kemudharatan yang dapat ditimbulkan virus Corona ini.

Kita tahu bahwa salah satu tujuan dari syariah adalah hifdzunnafsi atau memelihara jiwa manusia. Maka, marilah kita ikuti dan taati fatwa-fatwa dari para ulama untuk keselamatan diri kita dan keselamatan orang lain.

Semoga Allah Subhaanahuwata’ala menjaga kita semua.

 

*Disarikan dari https://www.youtube.com/watch?v=Q6lHd5kukjc.  

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.