Home Hikmah Wabah Corona adalah Peringatan untuk Keangkuhan Manusia

Wabah Corona adalah Peringatan untuk Keangkuhan Manusia

54
0
SHARE
Prof. Dr. Quraish Shihab

Oleh : Quraish Shihab

Bismillaahirrahmaanirahiim. 

Dunia sedang dilanda oleh virus Corona. Kejadian ini janganlah dianggap sebagai siksa Ilahi. Tetapi, pandanglah kejadian ini sebagai peringatan. Dan, peringatan bisa menjadi nikmat jikalau kita dapat menghadapinya.

Pandanglah kejadian ini sebagai peringatan agar manusia tidak angkuh dan agar manusia merasakan kelemahannya di hadapan Allat Yang Maha Kuasa.

Kita sedang diuji. Ketaatan kita dalam menjalankan tuntunan agama sedang diuji. Salah satu diantaranya tuntunan agama menuntut kita untuk memelihara jiwa dan kesehatan kita.

Dalam konteks memelihara jiwa ini kita hendaknya dapat meneladani atau paling tidak mengikuti tuntunan mereka yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan jiwa. Dalam konteks ini adalah para dokter.

Agama Islam mendahulukan kemanusiaan atas keberagamaan. Oleh karena itu, tidak heran jika fatwa para ulama menyatakan bahwa shalat Jumat bisa ditinggalkan dan diganti dengan shalat Dhuhur di rumah manakala keadaan alam sedang tidak kondusif atau sedang tersebar wabah penyakit, demi menjaga keselamatan jiwa manusia.

Kita diuji untuk mengikuti tuntunan agama itu. Dan, apabila terjadi perbedaan pendapat menyangkut tuntunan tersebut, agama juga menyatakan ikutilah tuntunan yang dikeluarkan pemerintah karena itu merupakan jalan yang dapat menyelesaikan perbedaan pendapat.

Semoga Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Menyembuhkan, melindungi kita dari segala bentuk marabahaya. Dan, semoga wabah yang sedang melanda dunia kali ini segera sirna dan menjadi pelajaran bagi kita semua. Aamiin yaa Rabbal’aalamiin.[]

 

Disarikan dari https://www.youtube.com/watch?v=HgdnssnyBfc . 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.