Home Editorial Ujian Kemanusiaan

Ujian Kemanusiaan

303
0
SHARE

“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al-Maidah [5]: 32).

Sebagai sebuah bangsa, musibah di Donggala, Palu dan sekitarnya, adalah ujian kemanusiaan. Hal ini dikatakan oleh KH. Abdullah Gymnastiar dalam acara Indonesia Lawyer Club (Selasa, 2/10/2018).

Berita gempa berkekuatan 7.4 SR dengan episentrum dekat Kota Donggala Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) petang membuat bangsa Indonesia kembali berduka setelah gempa di Lombok. Bertubi-tubi memang, tapi di balik musibah ini, pasti ada hikmahnya.

Menurut pengasuh Darul Tauhid Bandung itu, jangan sampai kejadian ini hanya sebatas bahan berita, atau menjadi sesuatu yang lewat begitu saja. Kalau mendengar berita, hati kita tidak tergugah, maka wujud kita manusia, tapi sudah tidak mempunyai nurani.

Kepahitan, penderitaan, kelaparan, kehausan, ketakutan, dan kepedihan, seharus ini menggugah bangsa ini untuk lebih fokus menolong para korban, tidak mempolitisir dan mengeksploitasi musibah untuk kepenting pribadi, partai dan kelompok, serta semakin dekat kepada Allah SWT.

Sebagai bangsa mayoritas muslim, tentu saja apapun yang terjadi harus direspon dengan cara yang terbaik. Tentu saja respon terbaik ini akan muncul, manakala membaca setiap kejadian dengan kaca mata iman. Dalam sebuah hadits, nabi pernah bersabda bahwa sungguh ajaib seorang mukmin, diberi kenikmatan, mereka bersyukur. Sebaliknya diberi musibah, mereka bersabar.

Nah, sebagai bentuk kepedulian dan kesabaran kami, maka portal Wasathiyyah ingin berbuat sesuatu, sekecil apapun itu, untuk membantu saudara sebangsa. Kami tidak sekedar memberitakan perkembangan situasi dan kondisi di Donggala, Palu dan sekitarnya, melainkan juga melaksanakan Program Care & Share for Donggala, Palu dan sekitarnya bekerjasama dengan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia dan Paguyuban Alumni Azhar Mesir (PAAM) Jawa Barat.

Insya Allah bantuan tersebut, akan kami salurkan melalui para alumni Universitas Al-Azhar Mesir yang berada di lokasi bencana. Dan perkembangan donasi, akan kami up date di portal ini.

Bagi yang terketuk nuraninya, silahkan transfer donasi ke
Bank BJB/ BPD JABAR
(Kode Bank Transfer 110)
No Rekening:
0078567937100 Atas Nama: Yayasan Alumni Al Azhar Mesir.

Konfirmasi SMS ke 085864427782 (Herdi Nur) dengan format: NamaLengkap#Domisili#JumlahDonasi

 

Pemred Portal Wasathiyyah
Udo Yamin Majdi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.