Home Berita Timur Tengah Serangan di Bandara Yaman, 27 Tewas Puluhan Terluka

Serangan di Bandara Yaman, 27 Tewas Puluhan Terluka

193
0
SHARE
Ledakan mematikan di Bandara Internasional Aden Yaman pada Rabu (30/12). (foto:thedefensepost)

Wasathiyyah.com, Sanaa – Ledakan besar terjadi di Bandara Internasional Aden, Yaman pada Rabu (30/12). Arabnews melaporkan 27 orang tewas dan lebih dari 40 orang luka-luka karena peristiwa itu.

AFP mengatakan jumlah korban kemungkinan masih bisa bertambah.

Peristiwa terjadi tidak lama setelah pesawat yang membawa anggota kabinet pemerintah Yaman yang baru dibentuk tiba dari Arab Saudi.

Perdana Menteri Yaman Moeen Abdulmalik Saeed dan Menteri Informasi Yaman Moammar Al Eryani menyatakan bahwa seluruh pejabat pemerintahan selamat, tanpa terluka.

Al Eryani menuding kelompok pemberontak Houthi sebagai dalang serangan mematikan ini. Ia menyebut tindakan ini sebagai tindakan pengecut.

Ledakan terjadi sebanyak dua kali. Ledakan pertama terjadi di terminal bandara. Sedang ledakan kedua terjadi ketika orang-orang berupaya menolong para korban ledakan pertama. Rentetan suara tembakan terdengar setelah kedua ledakan tersebut.

Rajih Badi, juru bicara pemerintah Yaman, meminta investigasi internasional atas serangan teroris yang ia sebut menargetkan seluruh anggota kabinet.

“Terlalu cepat untuk menuding pihak mana sebelum investigasi mengungkap siapapun yang mengeksekusi serangan, termasuk (menuding) Huthi,” ujar Badi kepada AFP.

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi melantik kabinet pemerintah baru Yaman pada Sabtu (26/12) lalu di Riyadh, Arab Saudi. Kabinet itu terdiri dari perwakilan wilayah utara dan selatan Yaman.

Pemerintahan baru itu diharapkan bisa mengakhiri perebutan kekuasaan antara pendukung Hadi dan kelompok separatis yang telah membawa Yaman ke krisis kemanusiaan selama bertahun-tahun. (WST/RS/cnn/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.