Home Berita Internasional Al Azhar : Hoax adalah Kejahatan Besar dan Haram Hukumnya

Al Azhar : Hoax adalah Kejahatan Besar dan Haram Hukumnya

171
0
SHARE
Image processed by CodeCarvings Piczard ### FREE Community Edition ### on 2020-01-27 13:32:05Z | http://piczard.com | http://codecarvings.com

Wasathiyyah.com, Kairo – Hoaks atau berita bohong sudah menjadi hal yang sulit dihindari di tengah masyarakat saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kian membuat masyarakat sulit membedakan mana berita yang valid dan yang tidak.

Mengingat besarnya dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh hoaks, Al Azhar Al Syarif mengangkat persoalan ini dalam perhelatan konferensi internasional Al Azhar yang digelar 27-28 Januari 2020 dan dihadiri oleh para ulama, pemimpin dan cendekiawan Muslim dari 41 negara.

Konferensi internasional ini menghasilkan 29 rumusan pembaharuan pemikiran Islam, dan salah satun pasalnya terkait hoaks.

Pasal tersebut berbunyi, Hoaks adalah bahaya besar yang mengancam keamanan dan pembangunan masyarakat. Hoaks adalah kejahatan besar yang keharamannya disebutkan secara eksplisit di dalam agama. Pihak-pihak yang berwajib harus memburunya, mengungkapkan kepalsuannya, menjelaskan bahayanya, dan menetapkan sanksi hukum tegas kepada para penyebarnya. (WST/RS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.