Home Berita Internasional Delegasi Ulama Nigeria Kunjungi Al Azhar

Delegasi Ulama Nigeria Kunjungi Al Azhar

173
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Deputi Al Azhar Syaikh Shaleh Abbas menerima kunjungan delegasi Nigeria yang dipimpin Dr. Mohammad Sulaiman Adam, imam masjid agung Sultan Bello, negara bagian Kaduna, Nigeria, pada Minggu (29/12).

Pada awal pertemuan, Syaikh Shaleh Abbas mengutarakan bahwa Al Azhar mulanya adalah kegiatan kajian keilmuan yang berlangsung di koridor-koridor masjid Al Azhar yang kemudian berkembang menjadi universitas dengan lebih dari 80 fakultas. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa selama lebih dari seribu tahun usia lembaga pendidikan ini bergerak dalam moderasi dan wasathiyyah.

Ia menambahkan bahwa Al Azhar tidak hanya memfokuskan diri pada urusan dakwah dan agama semata, namun juga mengambil peran dalam urusan umat Islam yang lebih luas di dunia. Salah satu contohnya adalah Al Azhar aktif dalam menjawab isu ekstrimisme yang saat ini melanda umat Islam dengan cara mendirikan Al Azhar Observatory for Combating Extrimism yang selalu diperbarui dan didukung dengan layanan 13 bahasa.

Sementara Dr. Mohammad Sulaiman Adam, pemimpin delegasi Nigeria mengungkapkan rasa bangganya atas kehadiran dan peran Al Azhar selama ini. Ia mengatakan bahwa Al Azhar merupakan kiblat ilmu pengetahuan, termasuk bagi para pelajar di negaranya. Ia berharap ada kerjasama antara Al Azhar dan Nigeria dalam bidang pendidikan dan dakwah terutama untuk membendung isu ektrimisme yang juga melanda kawasan Afrika. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.