Home Berita Internasional Jamaah : Ibadah Haji Kali ini Seperti Mimpi

Jamaah : Ibadah Haji Kali ini Seperti Mimpi

88
0
SHARE
Suasana Thawaf pada ibadah haji tahun ini. Jamaah menjaga jarak satu sama lain. (Gambar : Arabnews)

Wasathiyyah.com, Jeddah – 1.000 orang jamaah memulai pelaksanaan ibadah haji dengan Thawaf pada hari Rabu (29/07). Pelaksanaan Thawaf dilakukan dengan menjaga jarak antar jamaah.

“Ini sungguh pengalaman yang tak terlukiskan,” ujar Mohammed Ibrahim, seorang tukang listrik Mesir yang tinggal di Madinah. “Rasanya seperti mimpi,” ungkapnya.

Para jamaah diarahkan ke Masjidil Haram dalam kelompok-kelompok kecil. Kemudian mereka berjalan secara tertib di atas jalur yang sudah ditandai. Suasana yang sangat berbeda dengan pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun sebelumnya yang diikuti 2,5 juta orang jamaah.

Tahun ini juga menjadi kali pertama petugas wanita turut membantu melayani dan melakukan penjagaan selama jamaah haji menunaikan ibadah. Pada 2019 pemerintah Saudi membolehkan petugas polisi wanita bertugas melayani jamaah haji.

Afnan Abu Husain, seorang petugas polisi wanita mengatakan, “Sungguh ini merupakan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami.”

Petugas memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah haji.

Jamaah wanita asal Makedonia, Hamide Halimi mengatakan kepada Arab News bahwa ia sangat bergembira menjadi salah satu peserta ibadah haji tahun ini. “Dalam kelompok saya terdapat 20 orang wanita. Sepanjang pelaksanaan ibadah haji kami akan terus bersama dan ini menjadi pengalaman persaudaraan yang luar biasa,” katanya.

Halimi telah melaksanakan umrah beberapa tahun yang lalu. Tapi, banyaknya orang yang sama-sama juga berumrah membuatnya sulit untuk dapat berjalan di dekat Ka’bah. Saat itu ia hanya dapat berjalan di bagian atap Masjidil Haram. Tapi, di tahun ini ia mendapatkan kesempatan berjalan mengitari Ka’bah pada jarak yang paling dekat.

“Betapa saya tidak pernah membayangkan akan mendapat pengalaman luar biasa seperti ini,” ungkat Halimi.

Setelah Thawaf, jamaah haji akan kembali ke Mina untuk beristirahat dan bermunajat. Kemudian pada hari Kamis (30/07), jamaah akan bergerak ke padang Arafah menunaikan Wukuf.

Ammar Khaled, 29, salah seorang jamaah berkewarganegaraan India dan besar di Arab Saudi, mengatakan bahwa meskipun dia hanya seorang diri yang beribadah haji di antara keluarganya, namun ia memanjatkan doa untuk keluarga dan orang-orang yang ia cintai.

“Kata-kata tidak akan cukup untuk melukiskan perasaan saya, betapa saya merasa sangat diberkati,” katanya. (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.