Home Berita Timur Tengah Alumni Al-Azhar Kutuk Serangan Bom di Giza

Alumni Al-Azhar Kutuk Serangan Bom di Giza

328
0
SHARE
Alumni al-Azhar Kutuk Serangan
Silaturahmi Akbar Ulama Alumni al-Azhar Indonesia Bersama Grand Syaikh al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad ath-Thayyib

Wasathiyyah.com, Kairo — Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) mengutuk serangan bom yang menghantam sebuah bus pariwisata di daerah Giza, Mesir.

Ledakan bom tersebut terjadi pada Jumat (28/12/2018) tak jauh dari objek wisata Piramida. Akibatnya tiga turis asal Vietnam dan seorang pemandu wisata Mesir tewas serta 12 orang lainnya mengalami luka-luka.

Dalam keterangannya, OIAA mengutip sebuah hadis yang menyatakan, ‘Barangsiapa membunuh seorang kafir dzimmi, maka dia tidak akan mencium bau surga’.

Menurut OIAA, para wisatawan, baik itu muslim ataupun non-muslim yang datang ke Mesir dan memiliki izin kunjungan atau visa maka keamanannya dijamin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, ‘Jaminan keamanan kaum muslimin adalah satu. Orang yang paling rendah dapat memberikan jaminan itu. Barang siapa yang mengkhianati jaminan yang diberikan seorang muslim maka ia akan mendapatkan laknat dari Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Pada hari Kiamat Allah tidak akan menerima sedikitpun amalnya’.

OIAA menegaskan, pembunuhan terhadap orang yang dijamin keamanannya merupakan tindakan keji dan tidak ada kaitannya dengan ajaran Islam.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam telah menyampaikan, “Orang yang berjanji memberikan keamanan terhadap darah seseorang, kemudian dia bunuh orang itu, maka pembunuh itu akan membawa panji-panji pengkhianatan pada hari kiamat kelak”. (HR Ibnu Majah).

Menurut riwayat lain, “Jika orang yang berjanji memberikan keamanan terhadap darah seseorang, kemudian orang tersebut membunuhnya, maka saya (Nabi, red) lepas tanggungan dari si pembunuh, walaupun yang di bunuh orang kafir.” (HR Ibnu Hibban).

Bagi OIAA, ledakan bom tersebut tidak akan mengganggu stabilitas keamanan Mesir atau menurunkan kepercayaan para turis asing. Keamanan Mesir dan rakyatnya disinggung juga dalam Alquran surat Yusuf ayat 99, “Masuklah kalian ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman.”

Atas tragedi itu, OIAA menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban meninggal dan menyerukan pemulihan yang cepat bagi pada korban luka-luka.

Organisasi itu juga berharap agar tindakan fanatisme, ekstremisme dan terorisme bisa dicegah untuk melindungi Mesir dan rakyatnya dari semua kejahatan.(WST/YN/GO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.