Home Berita Timur Tengah Khatib Masjid Al Azhar : Akhlak adalah Dasar Kebangkitan Peradaban Bangsa

Khatib Masjid Al Azhar : Akhlak adalah Dasar Kebangkitan Peradaban Bangsa

178
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Dalam kesempatan khutbah Jumat yang lalu, dekan fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo, Dr. Al ‘Awari menerangkan bahwa akhlak adalah bagian yang integral dengan diri setiap orang. Akhlak berkaitan dengan tabiat, fitrah, dan lingkungan yang mempengaruhinya.

Oleh karenanya, penting bagi kita selaku orang-orang dewasa untuk menjaga akhlak kita dengan pendidikan akhlak islami. Karena akhlak kita ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya akhlak anak-anak kita dan generasi yang akan datang setelah kita.

Dr. Al ‘Awari menjelaskan bahwa akhlak di dalam Islam tidak dibangun berdasar teori tentang kepribadian semata, juga tidak dibangun berdasar teori perubahan sosial saja. Akhlak dalam Islam itu terbangun oleh kedua faktor tersebut secara bersama-sama. Oleh karenanya, akhlak seseorang juga akan memberikan pengaruh tidak hanya kepada dirinya secara pribadi saja, melainkan juga kepara orang-orang di sekitarnya atau kepada lingkungan sekitarnya.

Di masjid Al Azhar, Dr. Al ‘Awari memaparkan bahwa akhlak menjadi dasar bagi keberlangsungan peradaban manusia. Maju dan mundurnya, bangkit dan rubuhnya suatu bangsa sangat dipengaruhi dengan kualitas akhlak anak-anak bangsanya. Allah Ta’ala berfirman di dalam Al Quran yang maknanya, “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.” (QS. Al Isra [17] : 16)

Islam sangat memperhatikan urusan akhlak ini dan menempatkannya sebagai hal yang sangat penting. Oleh karena itulah misi dari kenabian Muhammad Saw. adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Sebagaimana sabda beliau Saw., “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.” (HR. Ahmad)

Sebagai penutup, Dr. Al ‘Awari menegaskan bahwa akhlak yang mulia lahir dari iman yang kuat kepada Allah Swt. Maka, pendidikan keislaman menjadi suatu keharusan bagi kita dan generasi setelah kita sehingga mereka memiliki akhlak yang mulia sebagai dasar untuk tegaknya peradaban bangsa. (WST/RS/azhareg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.