Home Berita Internasional Pejabat Pimpinan Ikhwanul Muslimin Ditangkap di Kairo

Pejabat Pimpinan Ikhwanul Muslimin Ditangkap di Kairo

98
0
SHARE
Mahmoud Ezzat, pelaksana tugas pimpinan Ikhwanul Muslimin, ditangkap di Kairo. (Gambar : Aljazeera)

Wasathiyyah.com, Kairo – Pihak berwenang Mesir mengatakan bahwa mereka berhasil menangkap pejabat pimpinan Ikhwanul Muslimin (IM), Mahmoud Ezzat, dalam penggerebegan di sebuah apartemen di timur Kairo.

Penangkapan ini menjadi pukulan terakhir bagi gerakan Islamis tertua dan paling terorganisir di Mesir.

Mahmoud Ezzat adalah mantan wakil pemimpin IM, Mohammed Badie, seorang pemimpin yang sangat berpengaruh dan dipandang sebagai kelompok garis keras. Ezzat menjadi pelaksana tugas setelah Badie ditangkap pada Agustus 2013.

Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan bahwa Ezzat berhasil ditangkap di sebuah apartemen yang menjadi tempat persembunyiannya di kawasan Tagamu Khamis, Kairo. Dia dituduh bergabung dan memimpin kelompok garis keras serta menerima pendanaan gelap.

Otoritas Mesir menuduh IM telah mengkampanyekan militansi dan subversi. Tuduhan ini dibantah keras oleh IM.

Kemendagri Mesir menyita peralatan komunikasi terenkripsi dalam penangkapan tersebut. Ezzat diduga terlibat dalam beberapa kasus upaya pembunuhan dan pengeboman sejak tahun 2013.

Mahmoud Ezzat bergabung dengan IM pada tahun 1960-an. Dia sempat dipenjara pada masa pemerintahan Gamal Abdel Nasser dan Hosni Mobarak.

Pemerintah Mesir sudah melarang organsasi IM dan menangkap ribuan anggota dan pendukungnya sejak penggulingan presiden Mohammed Morsi oleh militer pada 2013 pasca gelombang protes massa. (WST/RS/reuters/aljazeera)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.