Home Berita Timur Tengah Dipimpin Syekh Azhar, Dewan Muslim Senior Bakal Gugat Charlie Hebdo

Dipimpin Syekh Azhar, Dewan Muslim Senior Bakal Gugat Charlie Hebdo

109
0
SHARE
Pertemuan virtual Dewan Muslim Senior menyikapi provokasi yang dilancarkan surat kabar asal Prancis, Charlie Hebdo, Senin (26/10/2020)

Wasathiyyah.com, Kairo — Dewan Muslim Senior akan membentuk komite hukum internasional yang akan mengajukan gugatan terhadap surat kabar mingguan asal Prancis, Charlie Hebdo.

Dikutip dari laman facebook Al-Azhar, keputusan tersebut diambil dalam pertemuan virtual melalui konferensi video dengan para tokoh muslim dari berbagai negara, yang dipimpin Imam Besar Al-Azhar (Syekh Al-Azhar) Ahmed El-Tayyeb, Senin (26/10/2020).

Imam Besar Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad el-Tayyeb saat memimpin pertemuan melalui konferensi video dengan para tokoh Islam dari berbagai negara, Senin (26/10/2020)

Gugatan tersebut sebagai bentuk kecaman yang digambarkannya sebagai kampanye sistematis menentang Nabi Muhammad SAW dan kesucian Islam di bawah slogan kebebasan berekspresi.

Selain itu, Dewan juga mengecam pembunuhan seorang guru di Prancis yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelasnya dan percobaan pembunuhan terhadap dua wanita Muslim di dekat Menara Eiffel.

“Semua insiden tersebut adalah tindakan terorisme terlepas dari identitas pelakunya dan motif mereka,” kata dewan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, dewan mengatakan kebebasan berekspresi harus disertai dengan tanggung jawab sosial menghormati hak-hak orang lain. Selain itu, dikatakan kebebasan berekspresi itu tidak sampai mengeksploitasi agama untuk tujuan politik atau kampanye pemilu.

Dewan Muslim Senior lantas menyerukan umat Islam di Barat mematuhi prinsip hidup berdampingan dan perdamaian, serta meningkatkan kontribusi mereka terhadap pembangunan di negara mereka.

Awal bulan ini, Macron memberikan pidato kontroversial, dimana dia mengumumkan Prancis telah menerapkan strategi untuk melawan apa yang dia sebut ‘separatisme Islam’ di negara itu. Ia mengatakan dia akan mengirim RUU ke parlemen Prancis awal tahun depan sebagai tindakan yang lebih keras terhadap Islam dan Muslim. (WST/YN/facebook/OfficialAzharEg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.