Home Berita Timur Tengah KBRI Cairo Gelar Lomba Pidato Bahasa Arab dan Indonesia Online

KBRI Cairo Gelar Lomba Pidato Bahasa Arab dan Indonesia Online

499
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo — Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Cairo menggelar lomba pidato berbahasa Indonesia dan Arab secara online untuk para siswa Mesir yang belajar Bahasa Indonesia dan pelajar/mahasiswa Indonesia di Mesir. Lomba dilaksanakan secara online mengingat  situasi pandemi COVID-19 di Mesir yang meliburkan seluruh aktivitas belajar formal maupun informal terrmasuk kegiatan belajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Pusat Kebudayaan Indonesia KBRI Cairo.

Dikutip dari laman resmi KBRI Kairo, lomba Bahasa Indonesia diikuti siswa BIPA asal Mesir dan lomba Bahasa Arab untuk mahasiswa Indonesia di Mesir. Lomba Bahasa Indonesia dibagi dalam dua kategori yaitu  kategori pertama untuk siswa aktif tingkat Dasar BIPA Mesir dan kategori kedua untuk siswa aktif tingkat Mahir BIPA Mesir. Kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi belajar dan meningkatkan keterampikan dalam berpidato dan berbahasa, sekaligus juga sebagai hiburan bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir, dan juga orang Mesir yang sedang belajar Bahasa Indonesia selama situasi pandemi COVID-19.

Adapun Lomba Bahasa Arab untuk mahasiswa Indonesia juga dibagi dalam dua kategori yaitu kategori pertama untuk pelajar pra-universitas (SMA/Ma’had dan persiapan Bahasa). Kategori kedua untuk mahasiswa universitas program S1. Pembukaan pendaftaran peserta lomba selama dua minggu, dimulai dari 1-15 April 2020.

Antusiasme peserta cukup besar. Banyak yang menyambut baik dan ikut serta pada lomba ini. Jumlah pendaftar untuk lomba pidato Bahasa Indonesia dari siswa BIPA sebanyak 27 peserta. Sedangkan pendaftar untuk lomba pidato dari mahasiswa Indonesia sebanyak 56 orang. Dari masing-masing kategori juga diambil 10 peserta terbaik. Pengumuman pemenang telah dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020.

Hari Rabu, 22 April telah dilaksanakn penyerahan piagam penghargaan dan hadiah bagi para pemenang lomba pidato bahasa Arab yang bertempat di kantor layanan akademik gedung konsuler KBRI Cairo Nasr City. Pemenang kategori pra-universitas juara pertama diraih oleh Muhammad Faith Naufal Dzaky, juara dua oleh Elsihati Harsad dan juara tiga oleh Afifur Rohman. Kategori dua univeritas program S1, juara satu dimenangkan oleh Noval Setiaji, juara dua oleh Andri Ramanda dan juara tiga oleh Miftahul Maghfirah.

Pada hari Kamis, 23 April 2020 juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah kepada pemenang lomba pidato Bahasa Indonesia untuk siswa BIPA dengan pemenang kategori Dasar juara satu oleh Ahbdul Waheed Abdu Haneed, juara dua oleh Aya Ragab dan juara tiga oleh Hend Sayyed Naser. Juara lomba untuk kategori Mahir dengan juara pertama oleh Fatimah Gamal Abdeldayem, juara dua oleh Mustofa Muhammad Ahmad dan juara tiga oleh Mohammad Hisyam.

Para peserta lomba mengirimkan video aksi mereka berpidato kepada panitia. Hasil video pidato para peserta khususnya tiga  peserta terbaik setiap katagori sangat menarik; dari aspek teknis penyajian dan penggunasn teknologi media cukup kreatif dan inovatif, dari aspek bahasa baik yang bahasa Indonesia maupun bahasa Arab sangat bagus dan fasih, dari aspek isi juga tepat, sementara dari aspek gaya penampilan, ekspresi dan intonasi juga fareatif dan bagus-bagus. Video-video hasil lomba pidato tersebut dapat disaksikan melalui akun Instagram Atdikbud KBRI Cairo.

Dalam penyerahan piagam penghargaan dan hadiah lomba, dilaksanakan dengan tetap mematuhi aturan yang berlaku selama Covid-19, yaitu menghindari perkumpulan masa di mana setiap pemenang yang datang langsung diberi penghargaan lalu dipersilahkan meninggalkan tempat, saling menjaga jarak, dan semua peserta memakai masker dan sarung tangan. (WST/YN/kemlu.go.id/cairo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.