Home Berita Timur Tengah Akademi Al Azhar untuk Pelatihan Para Da’i dan Imam Mengadakan Acara Kelulusan

Akademi Al Azhar untuk Pelatihan Para Da’i dan Imam Mengadakan Acara Kelulusan

227
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Kairo – Di bawah binaan Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb, Akademi Al Azhar untuk pelatihan para imam, da’i, dan pengkaji fatwa mengadakan acara kelulusan angkatan ke-4 untuk peserta yang berasal dari warga Mesir. Pelatihan ini sendiri telah berlangsung selama satu bulan setengah dan berlokasi di komplek asrama mahasiswa Al Azhar di Kairo. Acara ini dipungkas dengan seminar bertema, “Mempersiapkan Mufti Kontemporer”.

Selain itu, Akademi Al Azhar ini juga mengadakan acara kelulusan angkatan ke-2 peserta pelatihan para imam, da’i dan pengkaji fatwa dari warga Mesir di kota Alexandria. Acara ini dipungkas dengan seminar bertema, “Fiqih dan Isu-isu Kontemporer”.

Presiden Akademi Al Azhar, Dr. Mohammad Isa menyampaikan bahwa Al Azhar menaruh harapan besar kepada para lulusan akademi untuk mampu menjadi para imam dan da’i yang menyampaikan nilai-nilai ajaran Islam yang murni. Mereka juga diharapkan mampu menebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi sebagaimana yang diajarkan oleh Al Azhar. Al Azhar juga berharap mereka mampu menjadi perekat atas segala perbedaan yang ada di tengah masyarakat. Kemudian, mereka diharapkan mampu membina para pemuda dan pemudi dengan pemikiran yang benar dan menyelamatkan mereka dari pemikiran ekstrim.

Dr. Mohammad Isa juga menekankan bahwa pelatihan yang diadakan oleh Akademi Al Azhar ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para imam dan da’i sehingga mereka memiliki wawasan yang lebih luas dan dalam serta keterampilan yang lebih tinggi. Dengan demikian mereka siap menghadapi berbagai masalah pemikiran kontemporer.

Sementara wakil presiden akademi, Dr. Mohammad Abdel Hafidz menyampaikan bahwa Al Azhar Al Syarif sepanjang sejarahnya merupakan pembela nilai-nilai ajaran Islam, akidahnya, syariatnya dan akhlaknya. Al Azhar, atas izin Allah, juga akan tetap dan terus berdiri menjaga ajaran agama dan terus mewariskan tradisi kelimuan untuk generasi mendatang.

Terakhir, presiden akademi menguatkan bahwa para lulusan akademi Al Azhar juga mengemban misi sebagai garis depan pemikiran Al Azhar yang mengajarkan nilai-nilai wasathiyyah, memperbaiki pemikiran-pemikiran yang melenceng, menghidupkan nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat dan menjadi pemersatu serta penjaga stabilitas sosial di tengah masyarakat. (WST/RS/azhareg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.