Home Berita Timur Tengah Mufti Mesir Kutuk Pembongkaran Komplek Pemakaman Muslim oleh Israel

Mufti Mesir Kutuk Pembongkaran Komplek Pemakaman Muslim oleh Israel

155
0
SHARE
Mufti Mesir, Shauqi Ibrahim Abdel Karim Allam. (gambar:AFP)

Wasathiyyah.com, Kairo – Mufti Mesir Shauqi Allam mengutuk keras agresi dan pelanggaran Israel di wilayah Palestina yang diduduki. Termasuk serangan terbaru terhadap komplek kuburan sahabat Nabi Muhammad serta para pejuang Arab dan Muslim di Yerusalem.

Dalam pernyataan resminya, Allam mengimbau masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab penuh dan menghentikan serangan Israel terhadap tanah dan situs suci Palestina. Serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip hukum, keputusan internasional dan prinsip-prinsip hak asasi manusia.

Mufti yang bernama lengkap Shauqi Abdel Karim Allam ini memperingatkan “kelanjutan dari rencana pendudukan Israel untuk Yudaisasi kota Yerusalem Timur yang diduduki, merusak situs-situsnya, dan menghapus identitas aslinya, menggambarkan Israel sebagai pelanggar berat terhadap kesucian orang mati.”

Dia juga menggarisbawahi bahwa penggalian yang dilakukan di bawah Masjid Al Aqsa dan sekitarnya di Yerusalem merupakan ancaman serius bagi masjid tersebut.

Mesir berulang kali mengutuk rencana Israel untuk membangun ribuan unit permukiman Yahudi di Yerusalem Timur.

Pada pertengahan Desember, pemerintah Israel menyetujui rencana untuk membangun 8.300 unit permukiman di tanah Palestina yang diserobot di Yerusalem selatan.

Mesir telah mempertahankan posisinya untuk menolak permukiman ilegal di wilayah Palestina. Serta mendukung penuh kemerdekaan Palestina untuk mendirikan negara berdaulat dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya berdasarkan kesepakatan tahun 1967. (WST/RS/ahramorg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.