Home Berita Internasional Presiden Palestina Minta PBB Gelar Konferensi Perdamaian Tahun Depan

Presiden Palestina Minta PBB Gelar Konferensi Perdamaian Tahun Depan

45
0
SHARE
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, berpidato di hadapan Sidang Umum PBB pada Jumat (25/9). (Gambar:Arabnews)

Wasathiyyah.com, New York – Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, meminta PBB mempersiapkan konferensi internasional pada awal tahun depan untuk membahas perkembangan perdamaian di Timur Tengah pasca normalisasi dua negara teluk, UEA dan Bahrain, dengan Israel.

Presiden Abbas menyampaikan permintaan ini saat menyampaikan pidato secara virtual di hadapan sidang umum PBB pada Jumat (25/9).

Dalam pidatonya itu Presiden Abbas menggarisbawahi kelelahan dunia internasional menghadapi konflik berkepanjangan dan menyikapi pasang surut proses negosiasi untuk mencapai perdamaian di kawasan.

“Saya ingin tahu apalagi yang bisa saya katakan setelah semua yang sudah saya sampaikan di banyak kesempatan,” kata Presiden Abbas.

Palestina telah menolak dengan tegas proposal perdamaian yang disampaikan Presiden AS, Donald Trump, karena sikapnya yang bias dan memihak Israel. Palestina pun secara resmi memutuskan hubungan dengan AS dan Israel termasuk kesempatan untuk dialog.

Palestina menyerukan proses perdamaian multilateral berdasarkan resolusi PBB dan perjanjian sebelumnya.

Presiden Abbas yang berbicara di atas sebuah meja berplakat “Negara Palestina”, mengatakan juga bahwa kesepakatan damai antara Israel dengan UEA dan Bahrain yang ditandatangani di Gedung Putih atas mediasi AS, merupakan sebuah pelanggaran terhadap prinsip-prinsip solusi yang adil dan langgeng di bawah payung hukum internasional.

“Konferensi harus memiliki kewenangan penuh untuk meluncurkan proses perdamaian yang serius berdasarkan hukum internasional,” tegas Presiden Abbas dalam pidatonya.

Uni Emirat Arab dan Bahrain memberi kejutan kepada dunia dengan menjalin hubungan diplomatik secara resmi dengan Israel. Kedua negara itu meyakinkan bahwa normalisasinya dengan Israel tidak akan menyurutkan dukungan mereka kepada Palestina.

Namun, Presiden Abbas tetap mengatakan bahwa tidak ada perdamain tanpa mengakhiri pendudukan dan tanpa solusi yang adil dan komprehensif untuk rakyat Palestina.

“Kami tidak akan tunduk, kami tidak akan menyerah, kami tidak akan berkompromi. Dan, kami akan menang!” tegas Presiden Abbas dalam pidatonya di hadapan sidang umum PBB. (WST/RS/arabnews/alaraby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.