Home Berita Internasional Arab Saudi Hapuskan Hukuman Cambuk

Arab Saudi Hapuskan Hukuman Cambuk

259
0
SHARE

Wasathiyyah.com, Riyadh – Arab Saudi menghapus pencambukan dari metode penghukuman yang berlaku di negara itu. Demikian temuan Reuters dalam dokumen pengadilan tinggi kerajaan pada Jumat (24/04).

Keputusan penghapusan ini merupakan kelanjutan dari reformasi hak asasi manusia di bawah arahan Raja Salman bin Abdul Aziz dan pengawasan langsung Pangeran Mohammad bin Salman, seperti tertulis dalam dokumen tersebut.

Keputusan yang diumumkan oleh Mahkamah Agung Saudi pada Sabtu (25/04) itu menyebutkan bahwa hukuman cambuk digantikan dengan hukuman denda atau kurungan, atau gabungan keduanya.

Presiden Komisi Hak Asasi Manusia Saudi(HRC), Dr. Awwad bin Saleh Al-Awwad, mengatakan kepada Reuters, “Reformasi ini adalah langkah maju yang penting dalam agenda hak asasi manusia Arab Saudi, dan hanya salah satu dari banyak reformasi baru-baru ini di Kerajaan.”

“Ini adalah perubahan yang bisa disambut baik tetapi seharusnya sudah dilakukan bertahun-tahun yang lalu,” kata Adam Coogle, Wakil Direktur Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara Human Rights Watch (HRW). “Tidak ada yang menghalangi Arab Saudi mereformasi sistem peradilannya yang tidak adil,” katanya.

Meski hukum cambuk dihapuskan, namun hukuman fisik seperti potong tangan untuk pelaku pencurian, dan pemenggalan untuk pelaku pembunuhan dan terorisme masih berlaku.

Kasus hukuman cambuk paling terkenal dalam beberapa tahun terakhir menimpa blogger Saudi, Raif Badawi yang dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan 1.000 cambukan pada tahun 2014 atas tuduhan menghina Islam.

Terdapat 184 kematian dalam catatan Amnesti Internasional yang diakibatkan hukuman yang keras di Arab Saudi. “Semakin meningkatnya penggunaan hukuman mati di Arab Saudi, termasuk sebagai senjata melawan pembangkang politik, adalah perkembangan yang mengkhawatirkan,” kata organisasi HAM itu. (WST/RS/republika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.