Home Berita Timur Tengah Dimulai Hari Ini, Mesir Umumkan Status Darurat Militer

Dimulai Hari Ini, Mesir Umumkan Status Darurat Militer

958
0
SHARE
Presiden Mesir Abdel Fattah as-Sisi

Wasathiyyah.com, Kairo — Pemerintah Mesir baru saja mengeluarkan kebijakan baru dengan mengumumkan status darurat militer yang berlaku sejak hari ini, Kamis (25/4/2019).

Dikutip dari laman shorouknews, kondisi darurat negara diberlakukan setelah Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menerbitkan surat Keputusan Presiden Nomor 208 tahun 2019 tanggal 23 April.

Dalam surat tersebut menyatakan keadaan darurat di seluruh negeri untuk jangka waktu tiga bulan kedepan sejak pukul 1 dini hari pada Kamis. Hal itu mengingat kondisi keamanan yang serius di negara tersebut.

Selain itu, resolusi tersebut menetapkan bahwa angkatan bersenjata dan kepolisian diminta mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna melawan bahaya dan pendanaan terorisme, untuk menjaga keamanan di seluruh negara, melindungi fasilitas publik dan pribadi serta melindungi kehidupan warga negara.

Keputusan itu juga memberikan wewenang kepada Perdana Menteri yang mengacu kepada keputusan presiden sesuai dengan UU Darurat. Setiap orang yang melanggar perintah yang dikeluarkan presiden akan dihukum dengan penerapan ketentuan Undang-Undang (UU) Darurat.

Diketahui, pada 20-22 April 2019 lalu warga Mesir telah mengikuti pemungutan suara dalam referendum usulan amandemen konstitusi untuk memperpanjang pemerintahan Presiden Abdel Fattah El-Sisi hingga 2030.

Parlemen Mesir telah menyetujui perubahan konstitusi yang mengizinkan Sisi memperpanjang jabatannya hingga dua tahun dan maju lagi untuk enam tahun lagi, sehingga pemerintahannya dapat berlangsung hingga 2030.

Parlemen dengan 596 anggota itu diisi oleh mayoritas pendukung Sisi, dengan 531 orang memberikan dukungan perubahan konstitusi. (WST/YN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.