Home Berita Timur Tengah Delegasi MPRI RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Kairo

Delegasi MPRI RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Kairo

229
0
SHARE
Delegasi MPR RI berfoto bersama Dubes RI untuk Mesir dan jajaran pejabat KBRI Kairo usai sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Wasathiyyah.com, Kairo – Sembilan orang delegasi MPR RI mengunjungi Kairo untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat Indonesia di sana.

Acara sosialisasi berlangsung di Ruang Balai Budaya KBRI pada 23 Februari 2020 dan disampaikan oleh Tim dari Badan Sosialisasi MPR RI. Acara ini dihadiri Sekitar 100 peserta yang terdiri masyarakat Indonesia dan pegawai KBRI Kairo.

Narasumber pada acara Sosialisasi tersebut yaitu Ir. Abraham Liyanto, dan Ir. Stefanus B.A.N. Liow. Bertindak selaku moderator yaitu Drs. Mafrizal M.Si., Kepala Biro Administrasi dan Pengawasan. Anggota MPR RI lainnya yaitu Agustina Wilujeng Pramestuti, Dra. Hj. Lathifah Shohib, Mercy Chriesty Barends, Saadiah Uluputy, Ir. H. Achmad Sukisman Azmy, Dr. Sofyan Tan, dan Anggia Ermarini.

Acara Sosialisasi dibuka oleh Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy. “Mayoritas masyarakat Indonesia merupakan mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Universitas Al Azhar,” jelas Dubes RI.

“Terdapat lebih dari 7000 mahasiswa Indonesia di Mesir yang nantinya diharapkan akan menjadi calon-calon pemimpin di Indonesia, termasuk untuk menyebarkan risalah Al Azhar,” tambah Dubes Helmy Fauzy.

“Sosialisasi ini memiliki arti penting untuk membekali para mahasiswa Indonesia tersebut dengan nilai-nilai kebangsaan, sehingga selain menuntut ilmu agama, mereka juga siap dengan identitas nasionalisme yang kuat,” ucap Helmy Fauzy.

9 anggota MPR RI yang hadir saling memberikan penjelasan mengenai 4 (empat) pilar MPR RI yang menjadi topik utama sosialisasi tersebut. Keempat pilar tersebut yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika.

Delegasi MPR RI tersebut juga didampingi 3 (tiga) orang dari Sekretariat MPR RI. Acara sosialasi berlangsung lancar,dan para peserta yang hadir antusias mendengarkan serta menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai 4 pilar kebangsaan tersebut.

Selain mengadakan sosialasi, Delegasi MPR RI juga melakukan pertemuan dengan pejabat parlemen dan KPU Mesir guna membahas hubungan bilateral Indonesia-Mesir. Kunjungan ke Mesir yang dimulai sejak tanggal 22 Februari tersebut akan berlangsung hingga tanggal 26 Februari 2020.

Seluruh Delegasi MPR RI tersebut juga telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Dubes RI Kairo di Wisma Duta pada tanggal 22 Februari 2020. (WST/RS/kemlugoid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.