Home Berita Internasional Al Azhar dan Palang Merah Internasional Jalin Kerjasama Pulihkan Korban Perang

Al Azhar dan Palang Merah Internasional Jalin Kerjasama Pulihkan Korban Perang

189
0
SHARE
Grand Syaikh Al Azhar bertemu kepala ICRC Mesir Ronald Ofteringer di Kairo.

Wasathiyyah.com, Kairo – Grand Syaikh Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al Thayyeb menerima kunjungan Ronald Ofteringer, kepala Komite Internasional Palang Merah (International Commitee of the Red Cross / ICRC) di Mesir. Pertemuan berlangsung pada hari Senin (22/12).

Pada pertemuan ini Grand Syaikh mengatakan bahwa Al Azhar selalu siap bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan untuk sama-sama memberikan dukungan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan akibat konflik dan peperangan.

Grand Syaikh menekankan bahwa konflik kekerasan yang terjadi di dunia ini disebabkan karena kurangnya penghormatan pada ajaran Ilahiah, karena setiap agama sebenarnya mengajarkan pemeluknya untuk hidup secara damai.

Grand Syaikh juga menjelaskan bahwa Al Azhar meyakini bahwa perdamaian dunia akan tercapai dengan diawali dari para pemeluk agama yang menjalankan ajaran agamanya dengan baik.

Mereka harus meyakini bahwa agamanya mengajarkan kebaikan dan perdamaian oleh karenanya agama tidak bisa dipersalahkan atas kasus-kasus kekerasan. Inilah salah satu yang digarisbawahi dalam dokumen persaudaraan kemanusiaan yang ditandatangani bersama Paus Fransiskus, demikian ungkap Grand Syaikh.

Sementara Ronald Ofteringer mengemukakan bahwa Komite Palang Merah Internasional (ICRC) sangat mengapresiasi langkah-langkah Al Azhar selama ini yang vokal dan aktif mengkampanyekan perdamaian dunia, nilai-nilai toleransi dan koeksistensi sebagimana ditunjukan dengan penandatanganan dokumen persaudaraan kemanusiaan. Ia menyepakati bahwa konflik peperangan hanya bisa diredam dengan langkah moderat.

Ronald berharap akan ada lebih banyak kerjasama antara ICRC dengan Al Azhar dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan demi membantu para korban konflik dan peperangan serta memulihkan kembali kehidupan mereka. (WST/RS/azhareg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.