Home Berita Internasional Aksi Massa Menuntut Netanyahu Mundur Belum Reda di Israel

Aksi Massa Menuntut Netanyahu Mundur Belum Reda di Israel

79
0
SHARE
Ribuan orang berdemo di depan kediaman Benjamin Netanyahu, Sabtu (22/08). (Gambar : dwcom)

Wasathiyyah.com, Yerussalem – Ribuan warga Israel melakukan demontrasi di jalanan kota Yerussalem pada Sabtu (22/08). Mereka memprotes perdana menteri Benjamin Netanyahu yang diduga terlibat skandal korupsi. Massa juga memprotes pemerintah yang dinilai lamban menangani penyebaran virus Covid 19.

Massa dalam jumlah besar berkumpul dan berorasi di jalan yang tak jauh dari kediaman resmi perdana menteri. Beberapa pengunjuk rasa bentrok dengan polisi yang telah mengamankan tujuh orang pendemo. Sementara dilaporkan seorang polisi terluka.

Gerakan protes ini sudah berlangsung beberapa bulan terakhir. Dan pada musim panas ini gelombang demontrasi semakin besar setelah para kritikus menuduh Netanyahu terlibat korupsi dan tidak fokus dalam penanganan Covid 19. Sementara Netanyahu menampik tuduhan itu.

Sampai hari Jumat (21/08) kasus Covid 19 di Israel telah menembus angka 100.000 dengan angka kematian mencapai 809 orang di antara 9 juta total populasinya. Negara ini juga menghadapi jurang resesi dan pengangguran di atas 20%.

Netanyahu mengutus aksi protes itu dan menyebutnya sebagai tindakan yang menginjak demokrasi. Netanyahu juga menuduh media terlibat mendorong aksi tersebut. Ia mengklaim bahwa ekonomi Israel berada pada kondisi lebih baik dibandingkan negara-negara maju yang dilanda pandemi.

Aksi massa pada Sabtu kemarin hanya berselang beberapa hari sebelum batas akhir 25 Agustus bagi pemerintah untuk mengeluarkan anggaran. (WST/RS/reuters)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.