Home Berita Internasional Arab Saudi Mengizinkan Ibadah Haji Tahun Ini dengan Jumlah Jamaah Terbatas

Arab Saudi Mengizinkan Ibadah Haji Tahun Ini dengan Jumlah Jamaah Terbatas

301
0
SHARE
Suasana ibadah haji tahun 2019. (Gambar : journaldutogo)

Wasathiyyah.com, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi akhirnya memutuskan pada hari Senin (22/06) bahwa ibadah haji tetap bisa dilakukan tahun ini, tapi untuk jamaah terbatas. Yaitu, hanya diizinkan untuk jamaah haji dari berbagai negara yang sudah berada di Arab Saudi.

Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan resiko pandemi Covid 19 yang belum juga mereda sehingga diperlukan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan masyarakat global, kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Keputusan ini diambil untuk memastikan ibadah haji tetap bisa dilakukan dengan cara yang aman dari segi kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan jarak sosial,” ungkap pihak kementerian.

Sebanyak 2,5 juta orang menunaikan ibadah haji pada tahun lalu. Pandemi Covid 19 terpaksa membuat jutaan orang dari berbagai negara tidak dapat melakukannya pada tahun ini.

Rilis Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di laman Twitternya.

Kementerian juga mengungkapkan bahwa pemerintah Arab Saudi selalu berusaha untuk dapat melayani pelaksanaan ibadah haji dan umrah yang aman dan nyaman semaksimal mungkin.

Dewan Cendekiawan Senior pada hari Senin menyampaikan dukungan terhadap keputusan pemerintah Arab Saudi yang tetap memberikan pelayanan ibadah haji dengan membatasi jumlah jamaah demi menjaga kesehatan dan keselamatan.

Sementara itu, dukungan juga datang dari Menteri Wakaf Mesir, Mohammad Mokhtar Gomaa, yang menyatakan bahwa sehubungan dengan angka penyebaran virus Covid 19 yang masih tinggi, termasuk di Mesir, maka negaranya mendukung keputusan Arab Saudi perihal pelaksanaan ibadah haji tahun ini. (WST/RS/arabnews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.